Wawancara Mago "Tips UTS Kak Adam Darmawan"


Tips UTS Kak Adam Darmawan


UTS sebentaaaar lagiiiii. Apa saja nih yang telah Mago Readers siapkan menjelang UTS ini Pastinya belajar ya.
Mago Readers semua merasa cara belajar yang Mago Readers gunakan sudah efektif belum? Nah, untuk rubrik profil kali ini, Mago telah mewawancarai seorang figur murid SMAN 1 Purwakarta yang berprestasi. Namanya Adam Darmawan. Yuk, kita lihat obrolan Mago dengan Kak Adam.


Mago: Halo, kak. Apa kabar? Ngobrol sebentar sama Mago boleh ya kak?
Kak Adam: Baik. Boleh boleh.


M: Gini kak, kan sebentar lagi kita akan menghadapi UTS, menurut kakak apa aja sih yang harus kita persiapkan?
Kak Adam: Menurut saya, untuk menghadapi UTS pastinya harus belajar yang lebih giat lagi dari sebelumnya. Misalnya belajar sehari–hari. Kalo misalnya belajar sehari–harinya 2 jam, mungkin kalau mau ujian ditambah porsinya jadi 3 jam dan porsi mainya juga agak dikurangi.


M: Kalau menurut kakak belajar yang efektif itu yang kayak gimana sih?
Kak Adam: Kalo saya mah belajarnya biasanya di kamar dan nggak pake suara-suara . Tapi kan kalo cara belajar itu tergantung masing-masing. Ada yang sambil dengerin musik. Tapi kalo saya sih enaknya dalam keadaan sepi dan di kamar.

M: Nah teruskan di sekolah kita ini ada 2 program. Yaitu, IPA dan IPS. Menurut kakak, cara belajar yang efektif buat IPA itu gimana?
Kak Adam: Kalo menurut saya, biasanya saya sendiri itu berlatih soal–soal daripada membaca. Saya membacanya setelah mengerjakan soal. Jadi, soal yang saya nggak bisa kerjakan baru saya cari di buku bacaan.

M: Sekarang IPS kak, kalau cara belajar yang efektif untuk IPS gimana menurut kakak?
Kak Adam: Kalau menurut saya, kan IPS itu lebih banyak dalam berpendapat atau lebih banyak bacaannya harusnya lebih banyak membaca.

M: Terus dalam waktu belajar, perlu nggak sih kita tuh lama atau sebentar belajarnya?
Kak Adam: Sebenarnya di sekolah juga udah belajar ya. Tapi kalau untuk intensif sendiri di rumah kalo saya sendiri sekitar 2 jam. Tapi disesuaikan juga sama kebutuhan dan kemampuan.

M: Menurut kakak, berpengaruh nggak sih lama atau tidaknya belajar itu?
Kak Adam: Cukup berpengaruh. Kalo misalnya terlalu lama belajar juga kurang bagus.  Soalnya apa yang masuk nanti jadi nggak efektif. Kalau misalnya belajarnya porsi waktunya pas itu yang masuknya paling banyak.

M: Kalau kakak sendiri pelajaran kesukaannya apa?
Kak Adam: Kalau pelajaran kesukaan saya fisika sama matematika.


M: Kenapa tuh kak?
Kak Adam: Karena pelajaran itu lumayan menantang, pelajaran itu juga mengembangkan kreativitas dalam mengerjakan soal.


M: Kak, kasih tips dong buat kita semua supaya ujian nggak tegang pas ujian. Kan ada tuh yang kalo ujian suka tegang.
Kak Adam: Yang pertama supaya nggak tegang mempersiapkan diri dulu dengan belajar. Kalau saya sih kalau udah belajar kalau udah merasa siap, nggak akan gugup lagi. Sekalian ditambah dengan do’a juga. Supaya nenangin hati.


M: Yang terakhir nih kak, kasih pesan  buat teman-teman Mago Readers supaya nggak ada pikiran malas belajar dalam menghadapi ujian.
Kak Adam: Supaya nggak malas belajar, kita harus punya pemikiran. Kita tuh udah dibiayai banyak banget sama orang tua. Masa sih kita nggak bisa ngebales sedikit aja berupa belajar buat nyenengin orang tua. Jadi, kita mikirnya selain buat masa depan kita juga, tapi ada orang tua juga yang ikutan berjuang bersama kita.


M: Oke deh kak, makasih banyak sudah berbagi tips sama Mago ya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Kak Adam: Iyaa, sama-sama.


Yaaaa, itu dia obrolan Mago dengan Kak Adam Darmawan. Kak Adam ngasih banyak tips menjelang ujian lho buat kita. Ayo deh kita coba terapkan ketika kita hendak belajar.
Semoga kita mendapat nilai ujian yang baik ya teman-teman. Aamiiiiiiiiiiin. :)))


Twitter Kak Adam Darmawan
Facebook Kak Adam Darmawan



Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...