Artikel Mago "Tips Menentukan Jurusan Kuliah"

Hallo Mago Readers \:D/. Kami dari redaksi Mago mengucapkan semoga kakak-kakak kelas 12 kita yang akan menempuh Ujian Nasional 2012 dipermudah dalam melaksanakannya ya. Aminnn.

Btw kakak-kakak sudah menentukkan kemana melanjutkan pendidikannya belum? Sudah ngumpulin banyak informasi perihal fakultas-fakultas bergengsi di Indonesia dong. Atau ada yang mau melanjutkan ke Luar Negeri? Semoga kakak-kakak diterima di Universitas dan fakultas yang diinginkan ya.

Buat kakak-kakak yang belum memilih fakultas, jangan memilih dengan faktor: 

1. Pengaruh teman
Karena kekurangan informasi tentang fakultas yang dituju, kakak-kakak jadinya "ikut-ikutan" teman saat mereka menentukan pilihan. Belum tentu pilihan teman kakak-kakak cocok dengan bakat kakak-kakak.

2.  Desakan Orangtua atau keluarga
Kasus inilah yang paling sering terjadi. Umumnya orangtua atau keluarga sebenarnya melihat masa depan dari kacamata mereka sendiri  berdasarkan pengetahuan yang terbatas pula. Yang lebih parah, ada beberapa orang tua yang menyarankan fakultas ternyata adalah obsesi sang orangtua sendiri karena di masa lalu mereka gagal memasuki fakultas tersebut. Dengan cara ini tentu saja membuat sang anak menjalaninya secara terpaksa dan tidak serius.

3. Gengsi
Pemilihan ini dijatuhkan karena fakultas itu bergengsi atau diincar banyak calon mahasiswa. Sebenarnya bukan hal yang buruk, tapi bisa jadi saat menjalani kuliah yang bersangkutan akan "keteteran".

Jadi apa saja pertimbangan saat memilih fakultas sih? Berdasarkan sumber yang Mago dapat:

1. Minat dan bakat
Teliti dengan seksama silabus kuliah tiap program studi dan cocokkan dengan minat kalian. Berdasarkan cara tersebut, kalian akan lebih mudah untuk memperkirakan program studi mana yang paling mungkin membuat kalian senang menjalaninya.

2. Kemampuan intelektual
Ini penting karena diperguruan tinggi ada kemampuan dasar tertentu yang  harus dikuasai sesuai dengan jurusan yang kalian ambil. Kemampuan intelektual biasanya dapat dilihat dari prestasi belajar kakak-kakak. Dan prestasi akademik ini sekaligus menjadi cerminan dari motivasi kakak-kakak.


3. Kemampuan finansial
Kulian di perguruan tinggi melibatkan berbagai komponen biaya yang cukup besar. Sebelum mendaftar, tanyakan semua biaya yang harus kita bayar dan cara pembayarannya.



Nah, itu adalah beberapa yang harus diperhatikan dalam pemilihan fakultas. Semoga bermanfaat bagi kakak-kakak ya :)



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...