Fotografi Mago "Permainan dan Alat Musik Tradisonal"

Foto, Fotografi, Mago, Smansa, Permainan, Tradisional

Permainan dan Alat Musik Tradisional




Permainan Tradisional


Galah Asin




Galah Asin atau di daerah lain disebut Galasin atau Gobak Sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 – 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan
Permaianan ini berguna untuk meningkatkan kemampuan fisik, melatih kemampuan membaca gerak tubuh/gesture serta meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan menyusun strategi lebih baik


Bebentengan




Bebentengan adalah permainan tradisional daerah Sunda. Permainan ini melibatkan banyak pemain yang dibagi menjdai 2 kelompok dan dimainkan di tanah lapang. Cara bermainnya, kedua kelompok harus berusaha merebut benteng lawan yang ditandai dengan batu ataupun kayu. Namun, dalam merebut benteng lawan, pemain tidak boleh terkena pemain lawan. Jika tersentuh maka pemain tersebut harus ditawan oleh regu bersangkutan. Permainan ini membutuhkan kecekatan, strategi yang baik dan kerjasama tim yang kompak.

Engklek


Lompat dan lompat!
Permainan tradisional ini memang mewajibkan kita untuk melompat dan melompat. Peraturannnya gini, pertama kita melempar batu ke kotak awal dari 8 kotak yang ada. Tantanggannya, kita tidak boleh menginjak garis dan kotak tempat batu kita berada. Pemenangnya adalah orang pertama yang mampu menaruh batu hingga kotak terakhir.

Congklak


Congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan di sebuah papan berlubang. Lubang pada papan congklak berjumlah 14 buah; 12 lubang yang saling berhadapan dan 2 buah pada kiri dan kanan papan yang disebut lubang induk. Kita diharuskan untuk mengambil biji di suatu lubang dan mengisinya pada setiap lubang kecuali lubang induk lawan. Pemain dinyatakan menang apabila jumlah biji di lubang induknya lebih banyak dari lubang induk lawan. Permainan ini melatih kita untuk berhitung dan melatih kejujuran.


Petak Umpet





Petak umpet atau dalam bahasa Sunda disebut ucing sumput adalah permainan tradisional yang banyak digemari oleh anak-anak. Cara mainnya mudah sekali. Pertama, kamu harus mengundi siapa yang menjadi penjaga dan sisanya adalah pemain yang bersembunyi. Orang yang menjadi penjaga harus menghitung waktu yang ditentukan sementara pemain lain mencari tempat untuk bersembunyi. Nah, setelah hitungan selesai, si penjaga ini harus mencari pemain yang bersembunyi dan pemain yang bersembnyi harus ‘merebut’ tempat pemain berjaga tanpa diketahui oleh sang penjaga. 




Alat Musik Tradisional

Angklung



Angklung dan Bonang



Kendang, Angklung, Saron, Bonang dan Goong



Model: Zahra, Nanda, Ica, Ilham, Ichsan, Ivan, Farid.
Fotografer: Albizia

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...