Trivia Mago "Budaya-budaya Dunia"

 Budaya-budaya Dunia



Aloooha, Mago Readers.
Di rubrik Trivia Mago kali ini, Mago telah keliling-keliling kampus Singawinata, SMAN 1 Purwakarta untuk mencari Mago Readers yang punya pengetahuan tentang budaya-budaya di dunia. Mago udah berhasil ketemu 5 orang Mago Readers dan langsung menantang mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan dari Mago.

Penantang kita kali ini:

Pratiwi Nadya Safitri

Melvian Triadi

Ibu Lilis Yani Sugiyati

Sandra Tri Destianti

Ichwansyah


Bisakah mereka menjawab pertanyaan dari Mago? Ini dia hasilnyaa

Pertanyaan 1: Argentina, Brasil atau Meksiko, negara yang mempunyai topi khas bernama Sombrero?

Pratiwi: Meksiko
Melvian: Meksiko
Ibu Lilis: Argentina
Sandra: Meksiko
Ichwansyah: Meksiko


Jawaban: Meksiko. Sombrero adalah sejenis topi yang berasal dari Meksiko. Kata Sombrero berasal dari bahasa Spanyol sombra, artinya "bayangan".
Penilaian: Hampir semua benar di pertanyaan pertama, Cuma Ibu Lilis aja yang salah hehe


Pertanyaan 2: Hangeul atau Hiragana, aksara yang berasal dari Korea?

Pratiwi: Hangeul
Melvian:Hangeul
Ibu Lilis: Hangeul
Sandra: Hangeuuul
Ichwansyah: Hangeul, Hiragana mah dari Jepang

Jawaban: Hangeul. Hangeul adalah alfabet yang digunakan untuk menulis Bahasa Korea. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung (1397-1450) pada tahun 1443 masa Dinasti Joseon. Meskipun tulisan Hangeul terlihat seperti tulisan ideografik (tulisan dalam bentuk 'simbol' seperti aksara Tionghoa), Hangeul sebenarnya merupakan abjad fonetik atau alfabet, karena setiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda.
Penilaian: Yep, semua benar. Hangeul adalah aksara Korea sedangkan Hiragana berasal dari Jepang.

Pertanyaan 3: Benar atau Salah, Hari Thanksgiving berasal dari Inggris?


Pratiwi: Benaaar
Melvian: Salah tuh
Ibu Lilis: Benar
Sandra: Salah deh
Ichwansyah: Salah

Jawaban: Salah! Hari Thanksgiving adalah hari libur di Amerika Serikat dan Kanada untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen. Hari Pengucapan Syukur adalah hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Di Kanada, Thanksgiving jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober.
Penilaian: Pratiwi dan Ibu Lilis salah, yang lain tepat.

Pertanyaan 4: Selandia Baru atau Jepang, negara yang mempunyai suku bangsa asli bernama Suku Ainu?


Pratiwi: Jepang
Melvian: Jepang deh kayaknya
Ibu Lilis: Jepang
Sandra: Jepang dong
Ichwansyah: Jepang

Jawaban: Jepang. Suku Ainu adalah sebuah kelompok etnis pribumi di Hokkaidō, Kepulauan Kuril, dan sebagian besar Sakhalin, Jepang.
Penilaian: Keren. Semuanya betul.
  
Pertanyaan 5: Kilt adalah pakaian tradisional berupa rok bercorak kotak-kotak berwarna merah yang dikenakan oleh kaum pria. Berasal dari negara manakah Kilt? Skotlandia atau Irlandia?


Pratiwi: Aaah gatauuu, Irlandia yah?
Melvian: Skotlandia!
Ibu Lilis: Skotlandia
Sandra: Skotlandia
Ichwansyah: Skotlandia

Jawaban: Kilt berasal dari Skotlandia. FYI ajanih, motif seragam Manchester United yang baru juga meniru motif dari Kilt, sebagai bentuk peringatan 25 tahun karier kepelatihan Sir Alex Ferguson  di MU. Opa Fergie ini memang berasal dari Skotlandia.
Penilaian: Cuma Pratiwi ajanih yang salah, yang lain benar.

Pertanyaan 6: Matryoshka atau Eclaire boneka yang berasal dari Rusia?

Pratiwi: Matryoshka kan?
Melvian: Matryoshka
Ibu Lilis: Eclaire
Sandra: Matryoshka
Ichwansyah: Matriska eh apa? Iya itu, Matryoshka!

Jawaban: Matryoshka adalah boneka khas yang berasal dari Rusia. Boneka ini memiliki bentuk yang unik, soalnya di dalam boneka ini ada boneka lain yang berukuran lebih kecil, dan di boneka yang lebih kecil juga ada boneka lainnya. Jadi boneka dalam boneka gitu Mago Readers. :D
Penilaian: Ibu Lilis satu-satunya penjawab yang kurang tepat di pertanyaan ini.

Pertanyaan 7: Austria, Perancis atau Swiss, negara asal makanan berupa roti khas yang bernama Croissant?


Pratiwi: Perancis!
Melvian: Austria
Ibu Lilis: Perancis
Sandra: Perancis laah
Ichwansyah: Peranciiiis

Jawaban: Croissant (dibacanya kroasong ya hehe) atau roti bulan sabit adalah sejenis roti yang berasal dari Perancis, dinamai karena bentuknya mirip sabit. Membuat roti bulan sabit dengan tangan membutuhkan kesabaran karena dapat memakan waktu beberapa hari.Di Perancis, croissant biasanya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan mentega. Di negara-negara lain, croissant juga diisi dengan coklat, daging, dan sebagainya.adalah makanan berupa roti yang berasal dari Perancis.
Penilaian: Hampir semua benar! Cuma Melvian yang menjawab salah.

Pertanyaan 8: Di kota mana komposer musik klasik Wolfgang Amadeus Mozart dilahirkan? Vienna, Bonn, atau Salzburg?

Pratiwi: Salzburg
Melvian: Salzburg
Ibu Lilis: Salzburg
Sandra: Vienna?
Ichwansyah: Vienna
Jawaban: Salzburg, Austria. Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun). Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis. adalah seorang
Penilaian: 3 dari 5 penjawab kita menjawab benar, sedangkan sisanya kurang tepat.

Pertanyaan 9: Tari Serimpi merupakan salah satu tari tradisional Indonesia. Berasal dari provinsi manakah Tari Serimpi? Jawa Tengah, Jawa Timur atau Bali?


Pratiwi: Jawa Tengah
Melvian: Bali
Ibu Lilis: Jawa Timur
Sandra: Jawa Tengah
Ichwansyah: Jawa Timur pastinya

Jawaban: Tarian Serimpi adalah trai tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur yang diperagakan 4 putri. Masing-masing mendapat sebutan: air, api, angin dan bumi/tanah, yang selain melambangkan terjadinya manusia juga melambangkan empat penjuru mata angin. Sedang nama peranannya Batak, Gulu, Dhada dan Buncit. Komposisinya segi empat yang melambangkan tiang Pendopo.
Penilaian: Yaaah, kok cuma 2 orang saja yang menjawab benar?  Hmm.


Keren! Mayoritas pertanyaan dari Mago bisa Mago Readers jawab dengan tepat, ini berarti Mago Readers punya pengetahuan yang luas tentang budaya-budaya dunia. Di Trivia Mago ini, Ichwansyah keluar sebagai orang yang mampu menjawab pertanyaan tepat paling banyak. Selamat  yaa.

Tetep perbanyak pengetahuan tentang budaya dunia ya, Mago Readers. Tapi inget, jangan lupakan budaya Indonesia, karena Indonesia pun punya budaya yang unik dan wajib kita lestarikan.
Mari kita cintai kebudayaan bangsa! :D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...