Kurma, Sang Primadona Bulan Puasa





Bulan Ramadhan memiliki banyak sekali kuliner khas yang biasa dikonsumsi di bulan ini. Makanan khas yang terdapat di bulan Ramadhan biasanya adalah makanan atau buah-buahan yang mengandung glukosa sebagai pengganti energi saat kita berpuasa. Makanan-makanan tersebut sangat cocok dimakan saat sahur maupun berbuka. Nah, di artikel kali ini, Mago mau bahas salah satu buah enak dan lezat yang jadi penganan khas di bulan Ramadhan. Buah tersebut adalah buah kurma.

Kamu tahu buah kurma kan? Buah kurma adalah makanan yang populer di bulan Ramadhan. Pasti kita sering banget deh mengkonsumsi buah asal timur tengah ini saat sahur maupun berbuka. Buah yang satu ini memang banyak digemari karena rasanya yang lezat dan legit. Cocok deh untuk sahur maupun berbuka puasa.

Lezat dan Legit

Buah kurma adalah buah yang dapat tumbuh di dataran tropis. Buah ini termasuk keluarga Arecaceae dari genus Phoenix. Nama latin dari buah kurma adalah Phoenix dactylifera. Aslinya nih, buah kurma berasal dari pohon yang tumbuh di sekeliling sungai Nil dan Euphrates. Pohon kurma memang dapat tumbuh di negara dengan iklim hangat, seperti negara-negara Asia Barat maupun negara Afrika hingga ke Amerika Selatan dan Tengah.


Buah kurma memiliki bentuk yang lonjong dan memiliki ukuran panjang sekitar 3-7 cm. Warna buah kurma bermacam-macam sesuai jenisnya, ada yang berwarna merah terang, gelap, kuning terang hingga kecoklatan. Buah kurma memiliki biji di dalamnya.


Soal rasa enggak usah ditanya, buah ini lezat abis deh! Rasa buah kurma seperti seperti campuran antara sirup gula dengan madu. Selain itu, daging buah ini rasanya legit di lidah. Manis deh pokoknya.

Banyak Manfaatnya

Anyway, selain rasanya yang lezat, ada enggak ya manfaat lain dari buah ini? Banyak! Buah kurma memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nih nih, Mago sudah rangkum beberapa manfaat dari buah kurma di bawah ini.

  • Buah kurma, selain lezatnya pake banget, merupakan buah yang sangat populer. Buah ini memiliki kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 
  • Kurma memiliki banyak kandungan vitamin A, jadi sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan selaput membran dan kulit. Konsumsi vitamin A dalam buah kurma juga bagus untuk menjaga paru-paru dan rongga mulut dari kanker. 
  • Buah kurma segar memiliki daging yang empuk, dan mudah dimakan, karena di dalamnya mengandung fruktosa dan dekstrosa which is kandungan gula yang bermanfaat mengganti energi dan menyegarkan kembali kondisi tubuh secara instan. Tepat banget buat buka puasa nih. 
  • Kurma sangat kaya akan kandungan antioksidan seperti beta-karotin, lutein dan zeaxanthin. Antioksidan tersebut memproteksi sel dan struktur tubuh lain dari radikal bebas yang mana bisa menghindari dari kanker prostat, kanker payudara, kanker paru, kanker pankreas. Segala macam kanker deh!
  • Selain kaya akan antioksidan, kurma juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, mangan, dan magnesium. Kalsium penting untuk kekuatan tulang dan gigi, konstraksi otot, pengentalan darah, dan impuls saraf. Mangan berguna sebagai pembantu penghasil enzim antioksidan, sedangkan magnesium penting untuk pertumbuhan tulang.
  • Kurma juga mengandung kalium. Kalium adalah komponen penting dalam sel dan cairan tubuh yang dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Imbasnya, kita dapat tercegah dari serangan stroke dan gejala jantung koroner.
  • Buah yang satu ini memiliki level vitamin B kompleks dengan jumlah setara dengan vitamin K. Kurma mengandung pyridoxine (vitamin B-6), niacin, panthothenic dan riboflavin dalam dosis cukup. Vitamin tersebut mempunyai peran dalam membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak dalam tubuh.

Selepas membaca manfaat diatas, kita jadi tahu deh bahwa buah kurma selain lezat memiliki beragam kebaikan bagi tubuh. Pantas saja Rasulullah mensunnahkan kita untuk berbuka puasa dengan buah kurma, mengingat begitu banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Yaudah deh, cepetan kamu beli kurma untuk berbuka puasa. Supaya mendapat pahala sunnah dan juga manfaat yang terkandung di dalam buah lezat ini. Jangan lupa untuk berbagi yaa. (al)

Sumber:


Sumber foto:

Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...