Interview: "Frequently MOSked Question"


Frequently MOSked Questions



Masa Orientasi Siswa akan segera dihadapi oleh peserta didik baru SMAN 1 Purwakarta. Kegiatan yang diperuntukan menjalin pertemanan antar peserta didik baru sekaligus adaptasi dengan lingkungan SMAN 1 Purwakarta ini akan diadakan mulai tanggal 16 Juli 2012. Mungkin sebagian peserta didik baru yang mengikuti MOS 2012 masih bertanya-tanya mengenai kegiatan ini. Mereka masih belum tahu bagaimana pelaksanaan dan apa saja yang perlu disiapkan untuk MOS 2012 ini.
Tapi tenang deh, segala pertanyaan yang mungkin ada di benak kalian, Mago salurkan langsung ke Ketua Panitia MOS 2012 SMAN 1 Purwakarta, Kang Sendy Achdika Maulana. Yup, kemarin Mago sudah banyak nanya sama Kang Sendy perihal pelaksanaan MOS 2012. Buat kamu yang masih bingung, simak interview Mago dengan Kang Sendy di bawah ini.

Q1: Apa tujuan dari Masa Orientasi Siswa?

Tujuan MOS adalah untuk memperkenalkan situasi dan kondisi fisik lingkungan SMAN 1 Purwakarta, merubah karakter peserta didik menjadi lebih baik, juga sebagai proses adaptasi terhadap cara belajar dan peraturan di SMAN 1 Purwakarta.

Q2: Kapan pelaksanaan MOS?

Pelaksanaan MOS didahului oleh kegiatan Pra-MOS, yaitu tanggal 6-7 Juli 2012. Baru setelah itu diadakan MOS yaitu tanggal 9 sampai dengan 12 Juli 2012. Untuk tahun ini, pengukuhan siswa baru tidak dilakukan di hari ketiga MOS seperti tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, OSIS mengadakan pengukuhan dengan melaknsanakan camping pada tanggal 13-14 Juli 2012. Jadi ada selang waktu sehari yaitu pada tanggal 12 Juli agar peserta didik baru bisa mempersiapkan diri.

Q3: Bagaimana pelaksanaan MOS?

MOS 2012 tentunya akan memberikan materi kepada peserta didik baru. Materinya berkaitan dengan materi wawasan wiyata mandala. Materi yang disiapkan agar mereka siap dengan keadaan belajar di SMAN 1 Purwakarta.

Q4: Kalau bicara soal peralatan, peralatan apa sih yang mesti peserta didik baru siapkan?

Untuk peralatan dan perlengkapan, di tahun ini mungkin tidak sebanyak tahun sebelumnya. Dari Dinas Pendidikan Purwakarta sendiri telah menginstruksikan peralatan MOS  agar tidak menugaskan peralatan yang tidak diperlukan. Name tag pun telah disiapkan dari Dinas.
Untungnya, Divisi Perlengkapan dari OSIS SMAN 1 Purwakarta sangat kreatif dalam menugaskan peralatan yang mesti dibawa. Contohnya, meski dari Dinas telah disiapkan, OSIS tetap menugaskan peserta didik baru untuk membuat name tag. Tentu ada alasannya. Name tag yang dibuat peserta didik baru ditulisi nama, motto hidup juga cita-cita mereka. Nah, hal itu tentunya akan memberikan motivasi bagi mereka. Hal itu hanya salah satu contoh saja.

Q5: Lantas, hal apa lagi yang perlu dibawa?

Selain peralatan, peserta didik baru juga wajib membawa makanan masing-masing dari rumah. Soal makanan, OSIS juga telah menugaskan membawa makanan tertentu kepada mereka. Supaya mereka membawa makanan yang seragam dan menciptakan kebersamaan. Makanan yang ditugaskan berupa kode yang merujuk pada suatu makanan tertentu yang harus mereka pecahkan terlebih dahulu. Ini menuntut mereka untuk berpikir secara kreatif.

Q6: Dari diri mereka pribadi, apa saja yang perlu mereka siapkan?

Tentunya mental dan fisik. Mereka harus siap mental menghadapi lingkungan yang serba baru dan teman yang mungkin  belum mereka kenal sebelumnya. Dengan mental yang sudah siap, proses adaptasi akan menjadi lebih mudah.
Selain itu mereka harus menyiapkan fisik yang sehat. Jangan sampai saat MOS nanti mereka jatuh sakit. Maka fisik pun harus sudah disiapkan mengingat kegiatan MOS akan berlangsung hingga sore hari.

Q7: Kang, bener gak sih, kalau peserta didik baru melakukan kesalahan akan ada hukuman yang berat untuk mereka?

Perlu diketahui, dari Dinas Pendidikan Purwakarta melarang segala bentuk perploncoan dan kekerasan fisik selama MOS. Hal itu tentu tidak masalah karena selama ini OSIS tidak pernah melakukan hal-hal tersebut.
Namun tentunya, hukuman tetap ada. Tapi tetap dalam batas wajar. Hukuman pun tidak diberikan tanpa sebab. Bila ada peserta didik baru yang melanggar peraturan, datang terlambat contohnya, tentu ada sanksi tertentu.
Sanksi yang berlaku di MOS kali ini berupa turus. Jadi setiap kesalahan yang dilakukan, peserta didik baru akan mendapat turus. Masing-masing memiliki hukuman yang berbeda. Bila mendapat satu turus masih mendapat sanksi berupa teguran lisan. Dua turus disuruh bernyanyi di tengah lapang, misalnya. Dan apabila sudah tiga turus, peserta didik dan wali kelas MOS menghadap panitia untuk berdiskusi bagaimana caranya agar kesalahan tidak lagi diulangi.

Sudah tahu kan sekarang apa dan bagaimana MOS 2012 akan dilaksanakan. Ternyata selain peralatan dan perlengkapan MOS, mental dan fisik kalian juga harus fit, agar dapat lancar menjalani MOS 2012. Persiapkan diri kalian dengan baik ya. Semangat! (al)




NARASUMBER


Nama: Sendy Achdika Maulana


Tempat Lahir: Bekasi


Tanggal Lahir: 29 Mei 1995


Kelas: XII IPA 4


Ekstrakurikuler: Paskibra


Jabatan MOS: Ketua Panitia MOS 2012





Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...