Interview Pra-Event "Pesantren Ramadhan"

Pesantren Ramadhan

Setiap datang bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk mengikuti event resmi tahunan SMAN 1 Purwakarta. Event tersebut adalah pesantren Ramadhan. Kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan positif ini rutin diadakan setiap bulan Ramadhan.

Untuk tahun ini, pesantren Ramadhan diselenggarakan oleh ekskul Irema. Mereka yang mengatur dan menyusun berbagai kegiatan sekaligus materi pengajaran yang bakal disampaikan di pesantren Ramadhan.

Nah, untuk bisa lebih tahu dengan jelasnya, Mago sudah menemui Ketua Panitia Pesantren Ramadhan SMAN 1 Purwakarta, Kang Abdurrasyid Ar-Rafi Fathin. Berikut wawancaranya.
  
Q1
Bagaimana persiapan anggota ekskul Irema sebagai panitia penyelenggara Pesantren Ramadhan tahun ini?

Alhamdulillah, dari semua divisi sudah mempersiapkan dengan baik jelang pesantren Ramadhan tahun ini. Khususnya bagi divisi acara yang telah menyusun kegiatan apa saja yang ada di pesantren Ramadhan.

Q2
Tanggal berapa pelaksanaan Pesantren Ramadhan?

Pesantren Ramadhan 2012 dimulai hari Senin sampai hari Kamis, 6 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2012.

Q3
Apa saja kegiatan yang telah panitia siapkan?

Untuk acara, sudah disusun oleh divisi acara. Kegiatan dimulai dengan tadarus Al-Qur'an, kemudian dilanjutkan dengan Shalat Dhuha.
Nanti juga akan ada materi yang diberikan oleh pemateri di setiap kelas. Selain itu, akan diadakan games seru yang diberikan oleh masing-masing wali kelas.  

Q4
Mago dapat kabar bahwa pelaksanaan acara buka bersama di tahun ini ditiadakan, apa benar begitu?

Sayang sekali, memang benar begitu. 

Q5
Alasannya?

Mungkin guru-guru mengambil keputusan ini dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya mungkin melihat kegiatan buka bersama tahun lalu. Ketika peserta pulang, mereka tidak kembali ke rumah masing-masing, melainkan berkeliaran. Ini mungkin yang dihindari, sehingga keputusan untuk meniadakan buka bersama diputuskan. 

Q6
Apa tujuan dari Pesantren Ramadhan tahun ini?

Tujuannya, diharapkan peserta mampu menerima materi yang diberikan oleh pemateri. Materi-materi yang diberikan agar siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta tidak miskin akhlak. Selain itu, kegiatan pesantren Ramadhan ini diharapkan bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

Q7
Bagi kamu, bagaimana manfaat yang kamu rasakan dengan menjadi Ketua Panitia Pesantren Ramadhan 2012?

Ini adalah kali pertama saya ditunjuk sebagai ketua panitia. Tentu saya merasa bangga. Mudah-mudahan ini bisa menambah jiwa kepemimpinan dan juga tanggung jawab saya. 

Q8
Lalu, apa manfaat untuk ekskul Irema?

Semoga kegiatan kali ini bisa menambah pengalaman berorganisasi, meningkatkan kerjasama juga sebagai pelajaran untuk lebih baik kedepannya.

Q9
Secara keseluruhan, apa sih hasil akhir yang ingin didapatkan dari pelaksanaan Pesantren Ramadhan tahun ini?

Hasil akhir dari pelaksanaan pesantren Ramadhan tahun ini adalah mengasilkan siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta yang berakhlak baik dan menghindari kenakalan remaja.



Narasumber


Nama: Abdurrasyid Ar-Rafi Fathin 
Kelas: 11 IPA 2 
Tempat Lahir: Bandung 
Tanggal Lahir: 9 Juni 1996 
Divisi di Irema: Divisi Syiar 
Hobi: Mengerjakan soal Matematika 
Motto Hidup: Hidup adalah perjuangan, enjoy aja!