Liputan Pesantren Ramadhan SMAN 1 Purwakarta 2012


Liputan Pesantren Ramadhan SMAN 1 Purwakarta 2012


Assalamu’alaikum.

Hallo sobat Mago! Apa kabar? Di liputan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang kegiatan Pesantren Ramadhan yang di selenggarakan di sekolah kita yang tercinta SMAN 1 Purwakarta. Kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 6-10 Agustus 2012.  Lebih rincinya hari Senin sampai Kamis adalah pelaksanaan Sanram dan pada hari Jum’at-nya diadakan penutupan Sanram dengan diisi oleh berbagai macam perlombaan.

Yosh tanpa banyak basa-basi, mari kita tengok langsung gan liputannya!

****

Pesantren Ramadhan SMAN 1 Purwakarta 1433 H/ 2012 yang diadakan tahun ini cukup mengalami perkembangan. Ini dilihat dari data kehadiran siswa-siswi SMANSA kali ini yang cukup baik. Hehehe. Maklum tahun kemarin kan banyak banget yang bolos kalau udah masuk pesantren Ramadhan. Meski demikian masih ada saja sih siswa-siswi yang apatis terhadap kegiatan ini. Hmm, semoga mereka cepat sadar ya bahwa membolos itu tidak baik.

Panitia akhwat Sanram 2012
But, over all, peserta Sanram 2012 kali ini oke banget deh. Penyelenggaraan pesantren Ramadhan tahun ini pun sudah dapat dikatakan sukses. Pastinya kesuksesan ini tidak akan dapat diraih tanpa adanya orang-orang super yang menjadi panitia. Mereka tidak lain dan tidak bukan adalah Pasukan Irema An Nasyath SMAN 1 Purwakarta. Di bawah kepemimpinan Abdurrasyid Ar Rafi Fathin sebagai ketua panitia, semua panitia divisi yang dibentuk untuk mensukseskan acara ini pun saling bekerja sama dan bahu membahu untuk kesuksesan acara sanram tahun ini. Salut untuk mereka.

Pak Kamal dan Pak Ihya memimpin tadarusan Al-Quran 
Kegiatan Pesantren Ramadhan dimulai pukul 07.30, dengan acara pertama yaitu tadarus Al Qur’an yang dipimpin langsung oleh guru-guru SMAN 1 Purwakarta. Setelah tadarus Al Qur’an acara dilanjut dengan Tausiyah selama 30 menit. Tentunya tausiyah ini berisi nasihat-nasihat yang pastinya bermanfaat bagi yang mendengarkan. Yang enggak mendengarkan rugi deh. Hehe.

Setelah tadarus dan Tausiyah selesai. Peserta Sanram langsung diarahkan untuk melaksanakan shalat Dhuha. Wuihhh subhanallah jarang-jarang masjid penuh. Padahal cuman shalat sunnah. Semoga bisa dilanjutkan setelah Ramadhan ya. Aamiin.

Pak Abu memberikan materi. 
Shalat dhuha pun selesai. Seluruh peserta diinstruksikan untuk kembali ke ruangan masing-masing. Di tahun ini, terjadi pembagian ruangan Sanram ini berbeda dengan ruang kelas biasa. Total ada 20 ruangan dengan pembagian kelas Ikhwan (laki-laki) 7 ruangan, dan kelas akhwat (perempuan) 13 ruangan. Setiap ruangan ini punya wali kelas masing-masing. Satu ruangan terdiri dari beberapa kelas. Contohnya Ruang 1 itu dihuni oleh kelas X 1, X 10, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XII IPA 5. Nah gitu loh gambarannya. Oke balik ke bahasan yang tadi, setelah semua peserta Sanram back to the room. Mereka pun segera akan mendapatkan materi yang cihuy dari para guru pemateri yang sudah disiapkan. Materi yang disampaikan diantarannya materi Tajwid, Fiqih, Tauhid, dan Akhlaq. Tuh kan gimana ga sedap gan. Ilmu untuk akhirat tuh. The Key to Jannah (surga).

Acara kelas
Setelah diberi waktu untuk istirahat, Pesantren Ramadhan 2012 berlanjut ke acara berikutnya yaitu acara dari panitia berupa games yang diadakan oleh masing-masing wali kelas. Well,enggak hanya games saja acara yang diberikan panitia. Selain games, panitia memberikan materi motivasi disertai acara renungan. Materinya pun disusun oleh panitia.

Kang Pebri memberikan motivasi dan renungan
Tapi ada yang beda nih dari renungan kali ini. Renungan kali ini tidak bertujuan untuk membuat para peserta menangis beruraikan air mata. Tapi lebih menumbuhkan kesadaran kepada siswa-siswi Smansa agar mereka memikirkan hidup yang telah Allah berikan.  Jangan sampai hidup kita sia-sia sob. Malu di hadapan Allah Yang Maha Memberi Hidup. Makanya selesai materi renungan ini para peserta diharapkan memikirkan kembali hidupnya dan mulai melakukan yang terbaik dalam hidup ini.

Akhirnya serangkaian acara pun selesai dilaksanakan secara keseluruhan semuanya berjalan dengan lancar. Dari hari pertama sampai hari terakhir.  Acara Pesantren Ramadhan kali ini pun ditutup dengan berbagai macam perlombaan diantaranya lomba nasyid, ceramah, dan tadarus Qur’an (murotal dan qira’at). Di akhir kegiatan ini, kita semua berharap semoga selepas Ramadhan ini berlalu kita semua para remaja muslim bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pastinya lebih rajin lagi belajar Islam; mempelajarinya, memahaminya dan mengamalkannya.


Yosh,  sepertinya cukup sekian laporan kegiatan Pesantren Ramadhan SMAN 1 Purwakarta 1433 H/2012 kali ini. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H.

Ganbatte Minna. Mata Ashita ne! J

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. (pebriandani)



Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...