Oversleeping dan Cara Mencegahnya





      Halo, Mago Reader!
Adakah diantara Mago Reader ini yang suka sekali tidur? Kayak snorlax di kartun Pokemon itu, lho. Hihihihi.

Tidur memang salah satu kebutuhan kita. Tapi, kalau terlalu over pun tidak baik. Apa, sih, masalah-masalah yang kita dapat kalau kita terlalu sering tidur? Nah, Mago akan berbagi info seputar tidur nih.

Tidur adalah kegiatan yang kita lakukan untuk mengistirahatkan tubuh kita setelah melakukan banyak aktivitas. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tidur teruratur. Salah satunya adalah dapat mengurangi resiko kanker, serangan jantung, dan kegemukkan. Katanya  anak-anak yang mempunyai waktu tidur panjang,  mempunyai IQ yang lebih tinggi daripada anak yang kurang tidur. Tapi, jangan jadikan tadi sebagai alasan untuk tidur terus, ya. Karna oversleeping pun, dapat menyebabkan beberapa gangguan.

1.       Mengganggu metabolisme tubuh

Pernah nggak, sih, Mago Reader laper banget setelah tidur lama? Pasti pernah dong. Tubuh kita yang berjalan dengan ritme tetap, terganggu karna tidur kita. Sehingga, setelah kita bangun, tubuh akan lama memulai sistemnya kembali. Hal itu mengakibatkan kita lesu dan lapar dalam jangka waktu yang lama. Karna lapar itu, bobot tubuh kita dapat meningkat secara drastis.

2.       Sakit Kepala


Bingung kenapa setelah tidur kadang kita terkena sakit kepala? Itu karna caira serebrospinal bergerak ke otak dalam waktu lama. Begitu pula saat kita menyalakan AC atau kipas angin. Hal itu menyebabkan akumulasi karbon dioksida ke dalam kamar.

3.       Obesitas dan diabetes


Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 9 jam, mempunya resiko terkena diabetes dan obesitas sebanyak 21%-50% daripada orang yang tidur teratur. Wah, angka yang besar, bukan, Mago Reader?

Cegah Oversleeping

Pengatasan terhadap oversleeping tidak butuh tindak pengobatan. Cukup merubah pola/jadwal harian kita. Jangan terlalu menumpukkan urusan-urusan pada malam hari, sehingga kita harus begadang. Kalau khusus kita, pelajar, pasti sering dong belajar atau mengerjakan tugas sampai larut malam. Kalau sudah begitu, kita akan bangun lebih siang daripada yang dijadwalkan. Padahal, besoknya kita kan sekolah. Kalau telat, bisa gawat nih berurusan dengan guru piket.  Lalu, apa aja yang untuk mengatasi oversleeping ini?

1.       Choose the alarm’s tone.

Jangan pasang nada alarm yang mellow-mellow gitu ya. Bisa-bisa kita malah lebih nyenyak tidurnya. Kalau Mago, sih, pakai lagu yang bersemangat. Supaya saat kita terbangun dengan mudah dan langsung semangat.

2.       Stop Snoozing!


Pernah nggak saat kalian terbangun karna alarm, lalu kalian mimilih pilihan snooze supaya kalian bisa tertidur sekitar 5-10 menit kemudian? Wah, jangan dibiasakan tuh! Membiasakan diri kita untuk mengambil tidur ringan setelah tertidur lama, dapat merusak jadwal-jadwal kita. Nanti tidurnya malah kebablasan sampai 30 menit, deh. Aduh, nanti telat ke sekolahnya.

3.       Re-set our schedule.


Jadwal yang teratur akan membiasakan diri kita berjalan sesuai ritme/pola. Diri yang berjalan sesuai ritme adalah diri yang tidak gampang lelah. Hal itu akan membuat tidur kita cukup dan teratur pula. Tapi, bagaimana jika kita punya tugas atau ulangan untuk besok hari? Kita harus rajin-rajinnya mengatur jadwal kita kembali jika ada perubahan jadwal. Usahakan tidak melakukan penumpukkan tugas pada satu hari. Jika terjadi seperti itu, atur jadwalmu agar penumpukkan tugas dilakukan saat keesokkan harinya adalah hari bebas.

4.       Ask a doctor.

Kalau penyakit oversleepingmu sudah kronis, lakukan check up ke dokter yang bersangkutan. Karna bisa ditakutkan kita pengalami beberapa gangguan atau penyakit karna oversleeping ini. Minta jugalah saran kepada dokter, bagaimana agar penyakit oversleepingmu bisa diatasi.




Nah, jadi, apa rencanamu kedepannya agar bisa mengatur jadwal tidurmu?(Anggun)


Sumber: Google
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...