Reportase: Mari Belajar Berkurban di Smansa


Reportase: Mari Belajar Berkurban di Smansa




Selamat Idul Adha, Mago reader! Bagaimana suasana idul Adha dan pemotongan hewan kurban di rumah kamu? Pasti seru kan?

Semarak Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban juga turut dilakukan oleh SMAN 1 Purwakarta. Yap, pada hari Sabtu (27/10/2012), SMAN 1 Purwakarta mengadakan penyembelihan hewan kurban di Kampus Siliwangi. Kegiatan yang wajib dihadiri oleh seluruh siswa SMAN 1 Purwakarta dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Pada kegiatan penyembelihan hewan kurban ini, SMAN 1 Purwakarta memotong 4 ekor kambing; 2 ekor kambing atas nama sekolah dan 2 ekor lainnya merupakan titipan dari masyarakat. Kegiatan pemotongan hewan kurban ini diselenggarakan oleh ekstrakurikuler Irema SMAN 1 Purwakarta dan pihak sekolah.

Persiapan
Eh iya nih, Mago sedikit ceritakan bagaimana jalannya kegiatan penyembelihan hewan kurban di SMAN 1 Purwakarta. Silahkan disimak. :)

Mulai Jam 07.30

Teh Suci memberikan sambutan
Acara penyembelihan hewan kurban di SMAN 1 Purwakarta dimulai sekitar pukul 07.30. Acara ini dibuka oleh pembawa acara Pebriandani. Setelah acara dibuka, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia kegiatan ini, teh Suciati Marlianasyam.

Tausyiah tentang kurban oleh Bapak Kamaludin
Setelah sambutan, dilanjutkan dengan tausiyah yang diberikan oleh Bapak Kamaludin. Isi tausyiah yang diberikan oleh Bapak Kamaludin yaitu mengenai materi kurban.



Selesai materi tausyiah diberikan, lanjut deh ke acara penyembelihan hewan kurban. Kegiatan penyembelihan dipimpin oleh Bapak Kamaludin yang turun langsung menyembelih 4 ekor hewan kurban.

Calon tersembelih
Acara penyembelihan berlangsung lancar. Setelah 4 ekor kambing disembelih, mulai deh acara selanjutnya yaitu pemotongan daging kurban untuk selanjutnya dikemas dalam wadah kantong plastik.

Pemotongan daging kurban dilakukan oleh panitia irema juga para staff SMAN 1 Purwakarta beserta warga masyarakat.


Potong-potong daging kurban

Setiap kantong plastik berisi daging kambing dengan berat yang sama. Nantinya, daging kambing ini akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Kampus Siliwangi. 

***
Indahnya Berbagi

Beres acara potong-potong, daging kurban kemudian dibagikan secara merata kepada warga masyarakat di sekitar Kampus Siliwangi SMAN 1 Purwakarta. Dengan demikian, selesai sudah kegiatan penyembelihan hewan kurban di SMAN 1 Purwakarta. Semoga dengan diadakan kegiatan ini menjadikan pembelajaran khususnya bagi murid-murid SMAN 1 Purwakarta.

Pelajaran yang harus diambil adalah bagaimana kita harus mengesampingkan ego kita untuk dapat ikhlas berbagi dan mengorbankan sebagian harta kita kepada orang lain. Tujuan kita semata adalah untuk mendapat rida dari Allah SWT. Hal ini digambarkan dengan kita menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada orang yang kekurangan dan masyarakat sekitar. Ketika kita sudah ikhlas dan sabar dalam berkorban dalam memberikan harta kita untuk mereka yang membutuhkan, maka disanalah makna dari berbagi. Indahnya berbagi, ya. :) (al)


Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...