Cerpen: Ilusi Hati


Ilusi Hati
oleh: Lia Elita (@LiaElro on Twitter)



Jody adalah kakak kelas Arin. Cowok paling ganteng di kelasnya. Sejak pertama melihat Jody, Arin langsung kesengsem dan menjadi pemuja rahasianya.
            Hari itu, Arin, Jean dan Ayu duduk di salah satu bangku panjang yang ada di kantin. Saat sedang asyik memakan bakso, tiba-tiba Jody datang membeli es teh manis. Lalu dengan rileks ia beranjak ke salah satu meja, berkumpul bersama teman-temannya. Setengah jam berlalu, mereka sudah ada di kelas masing-masing. Arin mengajak Jean mengobrol karena memang teman sebangkunya, sudah pasti mengobrolkan Jody.
            “Je, lu tau kan tadi pas di kantin ada kak Jody?”
            “Iya, tau.”
            “Tadi tuh gue sempet saling liat sama dia. Trus, dia senyum. Oh my God, senyumnya itu lho, bikin gue ngelayang, hihi. Gue gugup tapi gue berusaha bales senyuman dia semanis mungkin. Gue seneng banget, Je!” Arin berceloteh dengan semangat.
            “Ooh, bagus deh.” Jawab Jean singkat sambil mengangguk-ngangguk. Ia sedang membaca novel.
            “Trus, tadi kak Jody lirik-lirik terus ke meja kita. Kan gue jadi salting. Gue pura-pura gak merhatiin aja, hehe..”
            “Oh ya? Perasaan doang kali.” Jean memancing Arin.
            “Perasaan gimana? Walaupun gue pura-pura gak merhatiin, gue tau kok dia lirik-lirik terus.” Jawab Arin mantap.
            “Ooh, semoga deh.” Kata Jean singkat.
            “Semoga apa?” Tanya Arin tak mengerti.
            “Semoga bukan kegeeran, hihi.”
            “Dasar lu, jangan rusak kebahagiaan gue deh!” Ucap Arin sambil merebut novel yang sedang dibaca Jean.
***
            Tiga hari berlalu, Arin masih saja mengulang-ulang celotehannya tentang kejadian di hari Senin. Saat jam istirahat ke dua, tanpa disangka-sangka Jody ke kelas Arin. Arin yang sedang asyik dengan laptopnya, tidak mengetahui ada Jody di luar kelasnya.
            “Rin, ada yang nyariin tuh!” panggil Sansan.
            “Siapa?”
            “Kak Jody.”
            “Hah, Kak Jody?” Mata Arin membelalak. Seketika ada gumpalan rasa senang dan kaget di hatinya.
            “Iya, tuh dia nungguin di luar.” Jawab Sansan yang aneh melihat reaksi Arin.
Arin langsung bangkit dan merapikan rambutnya. Saat berjalan ke pintu, jantungnya berdegup kencang sehingga ia menarik nafas tiga kali.
            “Hai, De.” Sapa Jody sambil tersenyum.
            “Hai, Kak.” Jawab Arin salting.
            “Kamu yang namanya Arin ya?”
            “Eh, iya kak.” Arin gugup.
            “Aku Jody. Tadi kamu lagi ngapain? Ganggu gak?”
            “Nggak kok nggak. Eh itu, lagi online, hehe. Ada apa ya Kak?”
            “Boleh kakak minta no hp kamu?”
Saat itu bergumpal-gumpal rasa senang membuncah di hati Arin, rasanya ia ingin loncat-loncat saking senangnya. Arin melayang lagi.
            “Boleh kok Kak boleh.” Jawab Arin sambil semangat mengangguk-ngangguk. Lalu ia menyebutkan no hpnya.
Saat Arin kembali ke kelas
            “Jeaaaan!” Arin berseru tertahan lalu memeluk Jean.
            “Ih, lu kenapa sih?” Jean bingung melihat tingkah Arin.
            “Je, barusan Kak Jody minta no hp gue!” Ucap Arin sambil mengguncang-guncang bahu Jean.
            “Hah, kok bisa? Gimana ceritanya? Ciee beruntung banget lu.” Kali ini Jean antusias.
Arin menceritakan kejadian barusan secara detal.
            “Berusan gue mimpi bukan sih? Kayanya Kak Jody naksir gue deh, hihihi” Ucap Arin sambil cekikikan.
            “Hahaha, good luck sist!”
***
            Hari berlalu, Arin dan Jody sering sms-an. Kini hari-harinya berwarna, ia merasa harapannyaa semakin dekat. Arin menganggap sms-sms Jody adalah sebuah perhatian. Tepat pada hari ke tujuh mereka sms-an, sesuatu menggemparkan hati Arin. Saat itu Arin sedang membaca buku pelajaran sambil sms-an dengan Jody. Hp Arin bergetar, ia langsung membuka sms masuk.
            “De, kakak minta no Ayu boleh? Btw, dia udah punya pacar belum sih?”
Deg! Arin merasa hatinya terbentur sesuatu, menatap tak percaya kepada layar hpnya. Seketika kamarnya terasa gelap, matanya terasa panas, dan segera bercucuran air matanya.
            Memang, orang yang sedang jatuh cinta biasanya terbelenggu oleh ilusi hatinya. Suka membesarkan perasaannya sendiri, suka mengistimewakan kejadian-kejadian kecil. Begitupun dengan Arin. Tapi kali ini tidak. Pupus sudah semua harapannya. Ternyata ia keliru. Ternyata Jody menyukai Ayu, bukan dirinya. Ternyata selama ini Arin hanya kegeeran. Arin baru sadar ia terlalu mengagungkan perasaan dan harapannya, terlalu sibuk dengan kejadian-kejadian yang ia anggap sebagai pertanda bahwa Jody menyukainya. Arin baru sadar selama ini ia termakan oleh ilusi hati yang ia ciptakan sendiri.


image taken from: http://newopticalillusions.blogspot.com
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...