Artikel: Harlem Shake, Goyang Gaul Gaya Bebas dari New York

Harlem Shake, Goyang Gaul Gaya Bebas dari New York



Dunia internet enggak pernah berhenti menyebarluaskan sensasi. Semakin mudahnya akses komunikasi melalui internet membuat kita dengan mudahnya mengetahui segala hal yang terjadi di berbagai belahan dunia. Sedemekian mudahnya akses internet pada masa sekarang juga membuat berbagai fenomena yang ada di dunia bisa kita ketahui dan malah kita bisa ikut terlibat di dalamnya. Salah satu contohnya adalah Harlem Shake yang sedang menjadi fenomena di dunia internet saat ini.

Dalam satu bulan terakhir, dunia internet dihebohkan dengan sebuah tarian bernama Harlem Shake. Setelah beredar pada awal Februari, video Harlem Shake telah ditonton ratusan ribu viewer pengguna jejaring video, YouTube. Enggak hanya ditonton, tarian Harlem Shake juga mulai dilakukan oleh berbagai orang di dunia dan kemudian menguploadnya ke dunia maya. Saking hebohnya, Harlem Shake dianggap menjadi fenomena baru internet menggantikan Gangnam Style yang sudah pernah ada sebelumnya. Waaah.

Errr wait, sebenarnya apa sih Harlem Shake itu? Mengapa Harlem Shake bisa menjadi fenomena baru di dunia internet?

Hah? Kamu belum tahu Harlem Shake? Oke, di artikel ini Mago mau bahas tentang Harlem Shake dan mengapa itu menjadi bahasan baru di dunia internet. Simak ya!

Goyang Gaul dari New York

Harlem Shake adalah sebuah tarian yang berasal dari daerah Harlem, di sekitar New York. Menurut sumber yang Mago baca, tarian Harlem Shake telah ada di daerah Harlem sejak tahun 1981. Gerakan dalam Harlem Shake diadaptasi dari sebuah tarian di Ethiopia.

Virus Harlem Shake mulai menyebar ketika pada 2 Februari 2013, sekelompok remaja yang tergabung dalam kelompok The Sunny Coast Skate mengekspresikan diri masing-masing lewat gerakan dan lagu. Mereka menari dengan iringan musik DJ Baauer, berjudul Harlem Shake. Setelah merekam kegiatan mereka, rekaman Harlem Shake itu kemudian diunggah ke YouTube. Mereka juga menautkan video itu di laman Facebook. Nah, dari video inilah kemudian demam Harlem Shake melanda dunia internet.

  
Bebas Mengekspresikan Gerakan

Harlem Shake adalah tarian yang menampilkan seseorang yang menari dengan mengenakan helm. Orang yang mengenakan helm ini kemudian berjalan dan berada di antara orang-orang yang sedang melakukan aktivitas mereka masing-masing. Nah, seiring suara musik mendekati klimaks, maka ruangan yang semula sepi itu menjadi penuh dengan orang yang menari secara tidak teratur, mengekspresikan gerakannya masing-masing.

Mungkin hal ini juga yang mendorong Harlem Shake menjadi terkenal dan diikuti oleh banyak orang di seluruh dunia. Setiap orang bisa bebas bergoyang sesuka hati mengekspresikan diri ketika melakukan Harlem Shake. Selain itu, ada sensasi lain yang mungkin timbul ketika melakukan gerakan Harlem Shake bersama-sama dengan kawan.

Antara Harlem Shake dan Gangnam Style


Sebelum Harlem Shake mulai menjadi hits baru dunia internet, Gangnam Style sudah lebih dulu eksis dan menjadi isu yang terkenal. Kalau kita telisik, sebenarnya ada beberapa persamaan antara Harlem Shake dan Gangnam Style. Contohnya, kedua nama tarian tersebut diambil sebuah nama tempat. Nama Harlem Shake merujuk sebuah tempat di New York yang bernama Harlem, sedangkan Gangnam Style diambil dari nama distrik Gangnam di Korea Selatan. Selain itu, tarian ini sama-sama sering dilakukan oleh banyak orang dalam satu tempat. Kesamaan yang paling jelas adalah kesamaan bahwa kedua tarian tersebut menjadi fenomena di dunia internet dan ditiru oleh banyak orang di dunia.

Selain memiliki kesamaan, tentu saja dua tarian ini memiliki perbedaan. Perbedaan yang utama terletak pada gerakan tari antara Harlem Shake dan Gangnam Style. Jika gerakan menunggang kuda pada Gangnam Style telah diciptakan oleh sang kreator, PSY lain halnya dengan gerakan pada Harlem Shake. Gerakan Harlem Shake benar-benar bebas dan merupakan kreasi masing-masing pelaku tarian ini sebagai bentuk ekspresi mereka.

Harlem Shake ala Smansa

Waah, ternyata warga SMAN 1 Purwakarta enggak mau ketinggalan trend. Beberapa dari mereka sudah membuat video Harlem Shake dan bahkan mengunggahnya ke YouTube. Denger-denger sih, warga Siliwangi bahkan membuat video Harlem Shake yang melibatkan satu angkatan! Wow, pasti heboh deh.

Untuk melihat seberapa heboh dan kreatif kakak-kakak kelas 11 IPS 1 (@ExposeSmansa) melakukan Harlem Shake, bisa dilihat dengan mengklik link video di bawah ini ya!


#001 INDONESIAN HARLEM SHAKE(CLASS EDITION)




#002 INDONESIAN HARLEM SHAKE (SCHOOL EDITION)



#003 INDONESIAN HARLEM SHAKE (SCHOOL EDITION)




***

Ya itulah, cerita dan sensasi di dunia internet tidak akan habis seiring dengan terus berkembangnya ide dan kreasi para pengguna internet. Terbukti dengan hadirnya Harlem Shake sebagai jenis tarian baru yang menciptakan kegaduhan di dunia maya. Eh, btw, kamu enggak niat gitu bikin sensasi di internet? Kalo Mago sih mau ah nanti bikin Cipeundeuy Dubstep Jaipong atau enggak Hegarmanah Hiphop, yaa kan siapa tahu bisa menggantikan Gangnam Style dan Harlem Shake yang sedang ramai sekarang dengan tarian khas Indonesia. Hehehe.



*Hasil olahan sendiri dan dari berbagai sumber.
**Gambar diambil dari Google


Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...