Artikel: Sejarah dan Genre Musik


Artikel: Sejarah dan Genre Musik



Halo Mago Reader, liburan nih, kalian pada kemana? Liburan di rumah atau jalan-jalan keluar nih? Oke-oke mungkin kebanyakan diem aja nih di rumah, dan hal yang kebanyakan dilakukan sama kalian mungkin mendengar sebuah musik atau lagu ya. Kali ini kita akan membahas tentang music atau lagu itu. Apa kalian tahu sejarah musik? Siapa sih yang memperkenalkan musik ke masyarakat awam? Pada tahun berapa sih musik dikenalkan ke masyarakat? Jenis apa sih yang ada di music itu? Siapa aja sih yang nyanyi di jenis musik tersebut? Apakah kalian tau penggemar di musik itu? Atau bahkan tingkah laku aneh yang dilakukan para penggemar penyanyi?

Ah mungkin kebanyakan kalian gak tau kan? Makanya kita bahas dalam edisi ke-16 ini tentang musik, tentang sejarah musik, tentang jenis-jenis musik, serta tentang penyanyi pada aliran musik. Ngegalau boleh sambil denger lagu tapi lebih afdol kalau baca artikel ini sambil nambah ilmu pas liburan ini kok. Yuk kita bahas sekarang tentang sejarah musik terlebih dahulu ya!!

Sejarah Musik

Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Wah lama sekali ya Mago Reader!

Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.

Manusia menyatakan perasaan takut mereka dan gembira menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara mereka menjadi lagu, hymne atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja mereka telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi kuat. Kulit binatang yang mereka gunakan sebagai pakaian diletakkan pula untuk menutup rongga kayu tersebut besar menjadi gendang.

Sungguh kreatif sekali ya manusia pada zaman dahulu, keren banget. Tanpa adanya televisi atau referensi berupa buku, mereka bisa membuat suatu alat musik atau yang lainnya. Sungguh diluar nalar!

Ada tambahan nih, mengenai prasejarah musik berada. Baca ya!!

Prasejarah Musik

Prasejarah musik hanya dapat berteori berdasarkan temuan dari situs arkeologi paleolitik. Seruling Merupakan alatmusik yang sering ditumakan pada jaman pra sejarah dan bentuknya seperti shakuhachi yang berasal dari Jepang. Seruling Divje Babe yang terbuat dari tulang paha beruang gua, yang diperkirakan sudah dipakai sekitar 40.000 tahun yang lalu. Berbagai jenis seruling dan alat musik yang terbuat dawai atau senar telah ada sejak jaman Peradaban Lembah Sungai Indus, India memiliki salah satu tradisi musik tertua di dunia yang berasal dari kitab Weda. Pengumpulan paling awal dan terbesar alat musik prasejarah ditemukan di Cina dan tanggal kembali ke antara 7000 dan 6600 SM. Lagu-lagu Hurrian / Hurrian songs adalah kumpulan musik tertulis dalam tulisan kuno yang digali dari Hurrian di kota Ugarit yang diperkiarakan telah ada sekitar 1400 SM. Yang namanya luar biasa itu luar biasa banget! Terlalu keren deh ini!

Genre atau Jenis Musik

Berbicara dengan genre atau jenis music dunia, sudah tak ada habisnya nih Mago Reader. Tapi apakah kalian tahu lengkap tentang genre atau jenis music dunia tersebut? Ada berapa macam subgenre jazz? Apa sih itu genre gospel? Gak tau kan? Kita akan kasih tau yang selengkapnya semua disini!

·         Pop
Mari kita berbicara tentang genre pop ini, apa sih sebenernya pop? Musik pop adalah genre penting namun batas-batasnya sering kabur, karena banyak musisi pop dimasukkan juga ke kategori rock, hip hop, country, dsb.

·         Blues

Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika barat. Jenis ini kemudian memengaruhi banyak genre musik pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop.

·         Jazz


Siapa sih yang gak tau genre atau jenis musik yang satu ini? Tau Bobby McFerrin yang bernyanyi di java jazz tahun lalu itu? Ternyata dia masuk dalam genre musik jazz lho. Lalu apakah musik jazz itu? Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.

·         Rhythm and blues

Rhythm and blues adalah nama musik tradisional masyarakat Afro-Amerika, yaitu musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an yang bukan jazz atau blues.

·         Ska, Reggae, Dub

Dari perpaduan musik R&B dan musik tradisional mento dari Jamaika muncul ska, dan kemudian berkembang menjadi reggae dan dub. Musisi di genre ini misalnya Bob Marley yang terkenal dengan rambut keriting dan lambang ‘peace’ itu.

·         Hip hop / Rap / Rapcore


Pada genre ini kita mengenal nama Eminem. Eminem ini adalah penyanyi dengan aliran hip hop yang terkaya. Lalu, apa sih genre musik hip hop ini? Musik hip hop dapat dianggap sebagai subgenre R&B. Dimulai di awal 1970-an dan 1980-an, musik ini mulanya berkembang di pantai timur AS, disebut East Coast hip hop. Pada sekitar tahun 1992, musik hip hop dari pantai barat juga mulai terkenal dengan nama West Coast hip hop. Jenis musik ini juga dicampur dengan heavy metal menghasilkan rapcore.

·         Rock


Rock, dalam pengertian yang paling luas, meliputi hampir semua musik pop sejak awal 1950-an. Bentuk yang paling awal, rock and roll, adalah perpaduan dari berbagai genre di akhir 1940-an, dengan musisi-musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holly, dan Elvis Presley. Hal ini kemudian didengar oleh orang di seluruh dunia, dan pada pertengahan 1960-an beberapa grup musik Inggris, misalnya The Beatles, mulai meniru dan menjadi populer.

·         Metal, Hardcore


Metal merupakan aliran musik yang lebih keras dibandingkan dengan Rock walau terdapat juga band metal yang memiliki lagu dengan nyanyian yang terkesan slow. Genre Metal yang dikategorikan keras dimana lagunya memiliki vocal ala scream, growl dan yang terbaru adalah pigsqueal dimana vokal ini lebih banyak digunakan di aliran hardcore, post-Hardcore, screamo, metalcore, deathcore, death metal, black metal, electronic hardcore dan lainnya. Di Indonesia sendiri aliran band ala vokal scream ini telah banyak ditemukan tetapi masih belum bisa diterima secara terbuka oleh masyarakat umum. Contoh band: Indonesia yaitu The Civil Wears Monza,DESIDER, Secret Of Murder, Deadsquad, Burgerkill dll. Luar yaitu Asking Alexandria, Miss May I, The Crimson Armada, Chelsea Grin, We Butter The Bread With Butter, dan lainnya.

·         Gospel


Gospel? Apa itu gospel? Gak mudeng sama genre yang satu ini atau masih samar-samar sama genre yang satu ini? Gospel adalah genre yang didominasi oleh vokal dan biasanya memiliki tema Kristen. Beberapa subgenrenya adalah contemporary gospel dan urban contemporary gospel.

Dahulu awalnya diperkenalkan oleh orang-orang Kristen kulit hitam di Amerika. Beberapa contoh saat ini yang masih benar-benar menggunakan aliran musik gospel adalah Israel Houghton. Namun saat ini pengertian musik gospel telah meluas menjadi genre musik rohani secara keseluruhan. Di Indonesia, musik gospel beraliran pop dan rock banyak dipopulerkan oleh musisi seperti Franky Sihombing, Giving My Best, Nikita, True Worshippers dan banyak lagi.

Udah paham dong sekarang sama jenis atau genre musik gospel?

·         Funk

Funk juga dipelopori oleh musisi-musisi Afro-Amerika, misalnya James Brown, Parliament-Funkadelic, dan Sly and the Family Stone. Musik jenis Funk ini biasanya memiliki nada beat groovy, suatu rhythm yang membuat pendengarnya berdecak mengikuti irama. Oleh karena itu, dalam banyak hal, funk sering disamakan dengan groovy.

Udah tau kan apa aja jenis dan genre music yang ada di dunia ini Mago Reader? Banyak banget ya ternyata genre musik ini, tapi ada juga lho penikmat atau fans yang suka sama salah satu genre, jangan ngeborong sama genrenya ah, nanti pusing.



***

*diambil dari berbagai sumber, dirangkum dan disusun oleh Muhamad Ikhsan Maulana, Tim Redaksi Mago Magazine. (Twitter Ikhsan: @MIkhsanM) 
*sumber gambar 
fastcompany.com
filledlungs.blogspot.com
tumblr.com
marlyraymond.blogspot.com
bmbwijaya.blogspot.com 
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...