Resep Mago: Wedang Ronde, Minuman Hangat yang Mudah Dibuat


Resep Mago: Wedang Ronde, Minuman Hangat yang Mudah Dibuat


Halo-halo sahabat Mago, kali ini dalam edisi Mago yang ke-16, Mago memiliki beberapa rubrik baru dan salah salah satunya adalah rubrik Resep Mago. Sesuai dengan tema edisi ini yaitu “Mengisi Waktu Luang”, Resep Mago menyajikan satu resep yang enak dan mudah untuk dicoba pada saat waktu luang kamu di rumah.

Resep kali ini akan menyajikan minuman tradisional dari Jawa yaitu Wedang Ronde. Unsur dari minuman ini yaitu kuah hangat yang beraroma jahe dan serai juga ronde yaitu bulatan kecil dari tepung ketan dan diisi dengan kacang tanah dan gula pasir yang digerus. Dan sangat cocok dinikmati saat hawa dingin. Hmmm, udah gak sabar nih rasanya. Ayo kita masak bareng Chef Mago!


Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman tradisional yang enak dan mudah dibuat. Bahan-bahan untuk membuatnya pun enggak sulit kok untuk didapat. Ini dia beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat Wedang Ronde.

Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung ketan
  • 100 mililiter air panas
  • Setengah sendok makan garam
  • 750 ml air untuk merebus rode
  • 100 gr kacang tanah
  • 75 gr gula pasir
  • 300 ml air untuk kuah
  • 2 batang serai
  • 10 cm jahe
  • 150 gr gula merah
  • 1 sendok cinta dan kasih sayang serta kesabaran
  • Seorang Chef Juna, untuk mendampingi di kala memasak

Cara Membuat:

Oke, sebelum Chef Mago jadi ngaco lebih jauh, lebih baik kita lanjut ke bagian bagaimana cara membuatnya. Pertama, kita sangrai kacang tanah dan kupas kulitnya, lalu campur dengan gula pasir dan sisihkan kacang tanah itu.


Kemudian untuk adonan rondenya, kita campur tepung ketan dengan air panas dan garam dan adoni sampai bisa dibentuk.


Setelah itu, ambil sejumput adonan lalu isi dengan kacang tanah dan gula pasir dan bentuk bulat. Bila adonan yang kita buat terlalu encer, kita bisa membentuknya dengan menggunakan sendok kok.

Udah selesai ngebentuk-bentuk adonan, kita didihkan air lalu masukkan ronde yang bulat itu. Masak sampai terapung dan mengambang tak menentu seperti perasaan Chef Mago yang diPHPin sama Chef Juna (huhuhu T.T), lalu angkat.


Masak gula merah yang sudah digerus-gerus, daun jeruk, serai, dan jahe, di dalam air yang mendidih.  Semua ini nantinya akan mencair dan menjadi wedang dari ronde yang tadi sudah kita buat. Masaknya enggak terlalu lama, kira-kira hingga semua bahan tercampur menjadi satu, baru boleh diangkat.



Tinggalkan sejenak kuah wedang yang tadi dimasak. Sekarang, siapkan ronde di mangkuk saji, lalu siram dengan kuahnya. Kalau sudah disiapkan, guyur deh ronde di dalam mangkuk dengan wedang yang masih panas.


Aaaand, this is it! Wedang Ronde Hangat Menggelora ala Chef Mago. Penganan yang nikmat disajikan ketika hujan atau malam hari dan cocok dibuat dikala waktu luang. Temen-temen Mago Readers di rumah bisa mencobanya ya sementara Chef Mago menghabiskan Wedang Ronde ini sambil bersender di bahu Chef Juna. Nyaaaaammmm.



Salam sendok garpu, Mago Readers.


Chef Mago.


***

*masakan dan gambar dibuat oleh Puput A Wulandari, Tim Redaksi Mago Magazine. (Twitter Puput: @putandari17)
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...