Trivia Quiz Mago Magazine: Menantang Warga Siliwangi


Trivia Quiz Mago Magazine: Menantang warga Siliwangi



Haloooo, Mago Readers! Trivia Quiz Mago datang kembali untuk menguji sebarapa banyak pengetahuan umum yang kamu ketahui. Dan di edisi ke 15 ini, Mago datang ke kampus Siliwangi SMAN 1 Purwakarta untuk mencari 5 penantang yang akan menjawab pertanyaan dari Mago!

Ini dia para penantang Trivia Quiz Mago kali ini:


Muammar Khadafi (XI IPA 6)


Rani (XI IPS 1)
Doni Dera Wibisana (XI IPA 5)

Ivan (XI IPS 1)
Nida (XI IPA 7)

***


1. Anne Hathaway atau Anne Sullivan, guru yang mengajar Hellen Keller semasa kecil?

Muammar: Anne Hathaway
Rani: Anne Sullivan
Ivan: Anne Hathaway
Doni: Anne Hathaway
Nida: Anne Hathaway


Jawaban: Namanya memang mirip ya, tapi dua sosok ini hidup di jaman yang berbeda. Anne Sullivan hidup di awal abad ke 20 dan menjadi guru yang sangat sabar mendidik Hellen Keller. Sementara Anne Hathaway adalah dara cantik pemenang Oscar lewat film Les Miserables. Jangan sampai tertukar yaa!
Penilaian: Wah, dari pertanyaan pertama cuma Rani yang menjawab betul.


2. Siapa nama ibu dari Sangkuriang?

Muammar: Ngga tauuu
Rani: Dayang Sumbi
Ivan: Durudarna
Doni: Dayang Sumbi
Nida: Dayang Sumbi


Jawaban: Dayang Sumbi adalah nama ibu Sangkuriang. Dikisahkan, Sangkuriang diusir oleh ibunya itu ketika membunuh Tumang, ayahnya. Ketika dewasa, ia kemudian jatuh cinta saat melihat kembali Dayang Sumbi. Ketika Dayang Sumbi menyadari bahwa Sangkuriang adalah anaknya, ia menolak cintanya sehingga membuat Sangkuriang marah dan menendang sebuah perahu hingga tertelungkup. Kisah itu kita kenal dengan legenda Tangkuban Parahu.
Penilaian: Kecuali Muammar yang enggak tau dan jawaban Ivan yang salah, semua penjawab menjawab dengan benar. Hore!


3. Belanda, Jerman atau Swiss, negara asal komposer terkenal Ludwig van Beethoven?

Muammar: Jerman
Rani: Jerman
Ivan: Erwin Gutawa
Doni: Swiss
Nida: Belanda


Jawaban: Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Pada tahun 1801 ia mulai menjadi tuli. Namun, karya-karya terbaiknya justru ia ciptakan saat ia menjadi tuli.
Penilaian: Aduh, yang menjawab dengan benar hanya Muammar dan Rani. Doni dan Nida menjawab salah sementara Ivan malah menjawab Erwin Gutawa. Duh, mentang-mentang sama-sama musisi nih yaa.


4. Sebutkan lima tokoh pewayangan yang termasuk dalam pandawa lima?

Muammar: Prawandaru, Gatot Kaca, Semar, Cecep, Wildan
Rani: Gatot Kaca, Nakula & Sadewa, Dayang Sumbi, Sangkuriang
Ivan: Bima, Nakula & Sadewa, Arjuna, Yudhistira
Doni: Bima, Yudhistira, Nakula & Sadewa, Arjuna
Nida: Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula & Sadewa


Jawaban: Pandawa adalah sebuah kata dari bahasa Sanskerta, yang secara harfiah berarti anak Pandu, yaitu salah satu Raja Hastinapura dalam wiracarita Mahabharata. Pandawa lima terdiri atas Yudistira, Arjuna, Bima, Nakula dan Sadewa.
Penilaian: Ngeliat jawaban para penantang, Mago yakin nih mereka pada hafal tentang dunia pewayangan. Buktinya Ivan, Doni dan Nida menjawab dengan benar meski urutannya tidak tepat. Tapi ya gak apa-apa lah yaa.


5. Sebelum tenggelam, dari pelabuhan di kota manakah kapal laut Titanic awalnya berlayar? Liverpool atau Southampton?

Muammar: Southampton
Rani: Liverpool
Ivan: Southampton
Doni: Liverpool
Nida: Southampton


Jawaban: RMS Titanic adalah kapal penumpang Inggris yang tenggelam di Samudera Atlantik Utara pada 15 April 1912 setelah bertabrakan dengan gunung es selama pelayaran pertamanya dari Southampton, Inggris menuju New York City, AS. Tenggelamnya Titanic menyebabkan kematian 1.502 orang dalam salah satu bencana paling mematikan maritim masa damai dalam sejarah modern.
Penilaian: Muammar, Rani dan Nida tepat banget menjawab Southampton. Entah emang benar-benar tau atau cuma nebak nih? Hehehe.

6. Albert Einstein atau Isaac Newton, ilmuwan yang menemukan teori relativitas?

Muammar: Isaac Newton
Rani: Isaac Newton
Ivan: Pak Engkos
Doni: Albert Einstein
Nida: Albert Einstein



Jawaban: Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".
Penilaian: Loh Van, Pak Engkos itu siapaaa? Yang jelas bukan penemu teori relativitas kan. Yang benar di pertanyaan kali ini adalah Doni dan Nida.

7. Argentina, Inggris, atau Brazil, negara yang paling banyak memenangkan Piala Dunia sepakbola?

Muammar: Brazil
Rani: Persib
Ivan: Karena saya suka Inggris, Inggris
Doni: Brazil
Nida: Argentina


Jawaban: Secara keseluruhan Brazil adalah tim yang paling sukses dalam sejarah perhelatan Piala Dunia setelah lima kali menjadi juara dunia dan dua kali berada di posisi kedua.
Penilaian: Cuma Muammar dan Doni yang menjawab benar pertanyaan ini. Brazil menang World Cup 5 kali, Argentina 2 kali, Inggris 1 kali dan Persib kayaknya enggak bakalan bisa ikut Piala Dunia. -_-

8. Dari negara manakah makanan Roti Cane berasal?

Muammar: Cina
Rani: Simpang
Ivan: Simpang
Doni: Sukabumi
Nida: Finlandia


Jawaban: Roti Cane adalah roti khas India. Dikenal juga dengan Roti Maryam. Terbuat dari terigu, telur, mentega. Bentuknya rata dan bulat berlipat-lipat.
Penilaian: Wah, jawabannnya salah semua. Teh Gianti pasti kecewa melihat jawaban penantang kali ini.


9. Swedia, Swiss atau Finlandia, negara yang tidak memiliki pasukan tentara nasional?

Muammar: Finlandia
Rani: Finlandia
Ivan: Indonesia
Doni: Finlandia
Nida: Swiss



Jawaban: Sebagai negara yang netral, Swiss tidak memiliki tentara nasional. Namun, Swiss tetap memiliki kekuatan militer lewat Garda Swiss, yaitu tentara bayaran untuk keamanan negara.
Penilaian: Kebanyakan penantang kita menjawab dengan kurang tepat yaa. Hanya Nida yang dengan tepat menjawab Swiss.

***

9 pertanyaan sudah habis ditanyakan dan kini mari kita hitung skor akhirnya ya. Wah setelah dihitung, Ivan hanya menjawab dua pertanyaan dengan tepat, Rani dan Muammar menjawab benar 3 pertanyaan dan Doni 4 pertanyaan. Daaaaan pemenang Trivia Quiz Mago kali ini adalah Nida dari kelas XI IPA 7 dengan menjawab benar 5 pertanyaan! Wah, hebatttt deh.

Oke, sekian ya Trivia Quiz Mago di edisi 15, tetap tambah pengetahuan kamu dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sampai jumpa di lain kesempatan!



Sumber gambar:
kreavi.com
cutfarathamrin.wordpress.com
library.thinkquest.org
kipsaint.com
wisataziarahcikundul.blogspot.com
beethovenuniversal.org
pictures.folsol.com


Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...