Artikel: Waktu Luang Habis UN, Ngapain Ya?


Waktu Luang Habis UN, Ngapain Ya?


Ujian Nasional 2013 sudah dilewati oleh kakak-kakak kelas 12. Dalam empat hari, mereka telah mengerjakan 6 mata pelajaran dengan upaya yang maksimal. Hmm, semoga hasil yang didapat nanti juga memuaskan ya, Mago Reader! Amiiiin.

Ujian nasional telah berakhir. Dengan demikian, aktivitas belajar bagi kelas 12 di sekolah usai sudah. Kini enggak ada lagi kewajiban bagi kelas 12 untuk dateng ke sekolah dan belajar di ruang kelas. Mereka kini cuma duduk manis sambil menunggu hasil UN mereka terima. Bisa dibilang, mereka jadi pengangguran sekarang. Pengangguran bermasa depan cerah tapi yaaa hehe.

Setelah kegiatan rutin berangkat sekolah-belajar-pulang-tidur yang sekian lama dijalani kini hilang, praktis kelas 12 punya banyak waktu yang terasa luang. Lantas, supaya enggak kebosenan, mereka harus gimana? Enggak mungkin cuma diem aja sampe pengumuman kelulusan kan? Nah, untuk itu, Mago akan menyugestikan beberapa kegiatan yang bisa kelas 12 lakukan supaya menjadi pengangguran yang menyenangkan! Hore!


1. Nonton Film

Nonton film jadi kegiatan yang bisa dilakukan kamu dalam masa pengangguran ini. Ditambah lagi, melihat deretan film yang udah dan bakal rilis di medio 2013 ini, nonton film bisa jadi sangat menyenangkan. Bayangin, di pertengahan tahun ini kamu disuguhin The Croods, Iron Man 3, Man of Steel, The Oz, Fast Furious 6 daaaaan banyak lainnya. Eh iya, nontonnya jangan sendirian ya, senggaknya ajak temen deh. Serius, status forever alone kamu enggak perlu dipamer-pamerin dengan nonton sendirian deh. #kabur

Apa: Man of Steel, Oz, Oblivion, The Croods, Fast Furious 6, Iron Man 3, sisanya cek di 21cineplex.com yah. :)
Di mana: XXI di Bandung atau Bekasi, di Purwakarta juga ada, tapi beli dulu DVD-nya, terus nonton di rumah masing-masing deh. Hehe.

2. Olahraga

Baca judul poin kedua, Mago Reader pasti langsung mikir, “Hah, olahraga? Becandaaa nih Mago”. Weits, jangan salah, olahraga bisa jadi pilihan seru dan tepat mengisi rentang waktu menganggur ini lho. Dengan berolahraga, tubuh menjadi bugar kembali setelah 3 bulan terakhir kamu dicekoki oleh beragam jenis soal menghadapi ujian nasional. Jadi biar refresh lagi gitu.

Biar olahraganya seru, ajak juga temen-temen ya. Selain biar seru, olahraga bareng bikin kita tetap deket sama temen dan saling berbagi info penting tentang berbagai hal. So, SMS-in temen gih, tanya, dia mau renang atau jogging bareng di Hari Minggu nanti.

Apa: Renang, jogging, futsal, badminton, push up, SMSan.
Di mana: Kolam renang Hotel Intan, jogging track Situ Buleud, Turbo Futsal, Lap. Purnawarman.

3. Main Games


Enggak ada yang lebih asik dari main game setelah Ujian Nasional. Ya lagian emang pantas sih tiga bulan intensif belajar jelang UN dibayar dengan melakukan kegiatan menyenangkan ini. By the way, game yang Mago bicarain ini sifatnya universal ya. Bisa game di konsol, PC atau bahkan gadget di genggaman kamu.

Kalau kamu suka main di PC dan PC-nya punya spesifikasi kelas berat, cobain main Sleeping Dogs, Hitman, Call of Duty deh. Recomended banget deh. Tapi kalau spek PC kamu biasa aja, game First Person Shooting kayak Counter Strike, Sniper, dan lainnya bisa kamu coba. Atau kamu sukanya game strategy? Bisa tuh main Rise of Nation, Anno 2070, Age of Empires dll. Macem-macem deh. Tapi kalau kamu sukanya ngegame di smartphone atau tablet, silakan cek App Market masing-masing ya. Ayo ngegame!

Apa: Banyak, kalau game PC cek listnya di sini.
Di mana: Kaset game PC di Purwakarta bisa kamu dapat di Nunut Games, depan SMP 7. Sementara game smartphone di App Market masing-masing ya.

4. Dengerin Musik


Salah satu kegiatan asik sekaligus bisa bikin relaks paska Ujian Nasional adalah dengan mendengarkan musik kesukaan. Siapa sih yang enggak musik? Alunan nada dari musik – apapun genrenya – terbukti bisa bikin hati tenang dan riang. Kalau udah begitu mood jadi naik dan senyum pun mengembang seperti adonan kue dikasih baking powder. Abis itu tinggal dikukus deh. Eh ini lagi ngomongin apa ya?

Ngomongin dengerin musik, coba deh singkirkan sejenak playlist yang biasa kamu dengerin, terus coba download atau beli album dari penyanyi yang genrenya jarang kamu denger. Hal itu bisa mengasyikan lho. Oh ya, selain itu, supaya makin afdol jangan lupa pake headset kualitas bagus ya! Supaya musik yang terdengar lebih jernih dan mendengarkan lagu semakin mengasyikan. Music out loud and ignore the world!

Apa: Berbagai lagu dari beragam genre
Di mana: Download atau beli albumnya di toko musik terdekat

5. Siklus tidur-makan-internetan yang berulang



Siapa yang menghabiskan masa pengangguran terselubung dengan kegiatan ini? Ayooo ngaku aja hahaha. Pasti banyak deh yang kegiatannya kayak gini. Sorenya makan, atau ngemil sambil nonton. Malemnya mendadak jadi makhluk nokturnal, bukannya tidur malah internetan, twitteran. Terus tidur, dibangunin subuh sama ibu terus lanjut tidur sama matahari di atas kepala. Dan itu berulang setiap hari, 24/7.

Yaaaaah, mau gimana lagi, abisan kegiatan ini yang paling mudah dilakukan. Mudah, murah dan menyenangkan. Hehe. Yaudah, asalkan enggak ada efek negatif, sah-sah aja kok. Asal jangan lupa bantu ibu beres-beres rumah yaaa.

Apa: Makan, tidur, internetan
Di mana: Di rumah masing-masing

***

Ya gitu, jeda sehabis Ujian Nasional enggak bisa dibilang libur. Lagipula siapa sih yang tenang jika keputusan lulus atau tidaknya kita belum diketahui. Namun begitu, enggak ada salahnya melakukan rihat sejenak dan melakukan hal yang disukai. Mumpung ada sedikit waktu, sebelum nanti kerja keras lagi menghadapi SNMPTN. Hidup memang penuh perjuangan, Kawan.

By the way, kegiatan apa yang kamu lakukan sehabis Ujian Nasional? Kasih pendapat kamu di kolom komentar ya. :D


*gambar dari 
loughboroughsport.com
mashable.com
goodhousekeeping.co.id 
whataboutcynics.com

Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...