Reportase: Bewara Unpad, Edukasi dan Hiburan dalam Satu Paket

Reportase: Bewara Unpad, Edukasi dan Hiburan dalam Satu Paket

Setelah dinyatakan lulus, masa-masa SMA bagi kelas 12 tentu sudah terlewati. Namun bukan berarti perjuangan mereka berakhir di titik ini. Mereka masih harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki. Nah, untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di universitas yang dituju tentu ada syarat-syaratnya dong, salah satunya adalah dengan mengikuti jalur masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur tulis atau disingkat SBMPTN.


Pada 25 Mei yang lalu, himpunan mahasiswa Universitas Padjadjaran dari Purwakarta yang tergabung dalam Warta Unpad menyelenggarakan sebuah kegiatan edutainment bernama Bewara Unpad (Build Education With Amazing Dreams). Kegiatan yang diadakan di Kampus PGSD UPI Purwakarta ini menghadirkan Try Out SBMPTN 2013 sebagai acara utama. Selain itu, diadakan pula seminar motivasi dan hiburan berupa stand-up comedy. Jadi, selain bisa digunakan untuk mengasah diri dan mempersiapkan jelang SBMPTN, peserta bisa refreshing dengan acara di Bewara Unpad. Semua kegiatan di Bewara bertujuan untuk membantu siswa kelas 12 untuk lebih mantap menghadapi SBMPTN 2013.

Sebagai media partner Warta Unpad, Mago Magazine hadir untuk meliput acara ini.

Seminar, Try Out dan Stand-up Comedy

Acara Bewara Unpad secara keseluruhan bisa dibagi menjadi 3 bagian utama. Acara pertama seminar motivasi, kedua try out SBMPTN dan terakhir acara hiburan berupa penampilan Stand-up Comedy dengan bintang tamu Kemal Palevi. Untuk mengikuti acara ini, peserta sudah membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Tapi disediakan pula tiket yang dijual di tempat. Pagi itu, mereka yang sudah membeli tiket langsung menukarkan tanda bukti pembelian dengan tiket yang sudah dipesan. Kelar nukerin tiket, peserta diajak masuk untuk memulai acara hari di aula UPI PGSD Purwakarta.

Jam udah nunjukin pukul 08.00 dan acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-quran. Kemudian acara diambil alih oleh Kak Andriani Dwi Octaviani dan Kak Faizal Januar yang bertugas sebagai pembawa acara. Setelah membuka acara, Kak Andriani dan Kak Faizal segera mempersilahkan pemateri untuk mengisi acara seminar motivasi.

Seminar Motivasi yang Penuh Strategi

Pembicara dalam seminar motivasi kali ini adalah Bapak Ir. Parulian Panggabean. Beliau adalah alumni Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung dan kini menjadi pengajar Matematika sejak 1984. Dalam seminarnya, Pak Parulian banyak mewanti-wanti agar calon peserta SBMPTN 2013 menyiapkan diri sebaik-baiknya. Karena menurut beliau, kesuksesan bukan kebetulan dan bukan nasib, melainkan hasil dari perjuangan dengan cerdas dan tidak kenal menyerah.



Video sebagai media penyampaian

Di dalam seminarnya, Pak Parulian juga membekali peserta dengan strategi-strategi yang harus dilakukan menghadapi SBMPTN. Beliau sempat mengajarkan beberapa cara pengerjaan soal Matematika dengan cepat dan tepat. Pelajaran menghemat waktu pengerjaan ini penting banget mengingat waktu yang tersedia di SBMPTN sangat minimal. Enggak hanya diajarin ngerjain soal, Pak Parulian juga menjelaskan tentang berpikir kreatif. Menurut beliau, dengan berpikir kreatif siswa mampu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda untuk menemukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu hambatan. Kalau udah berpikir kreatif, mengerjakan soal bakal menjadi lebih mudah lagi.

Pak Parulian menerangkan materi


Dalam menjelaskan materinya, Pak Parulian banyak memutar video yang berkaitan dengan apa yang beliau terangkan. Contohnya nih, ketika beliau menjelaskan tentang berpikir kreatif, beliau memutar video bagaimana seorang prajurit berhasil memenangkan tantangan komandannya untuk mengambil bendera dari tiang yang tinggi lewat cara yang sangat tidak terduga oleh kawan-kawan prajuritnya. Dengan pemaparan lewat video ini, peserta mendapat gambaran visual sehingga menjadi lebih paham tentang materi yang dijelaskan.


Menguras Otak di Try Out SBMPTN

Suasana try out

Selesai mengikuti seminar motivasi, peserta kemudian digiring masuk ke kelas-kelas yang sudah disiapkan. Peserta yang mengikuti program studi IPA, mengisi kelas yang berada di sebelah utara. Sementara kelas IPS berada di sebelah selatan kampus PGSD. Dalam 2 jam, peserta Bewara bakal bergulat dengan soal-soal Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Dasar yang luar biasa menguras otak. Semangat ya!

Serius ngerjain soal

Singkat cerita, peserta kelas ngerjain soal dalam 2 jam. Ada yang ngerasa soalnya susah banget tapi beberapa menganggap biasa aja. Hmm, mungkin tergantung persiapannya kali ya. Yah pokoknya setelah ngerjain soal, peserta diperkenankan shalat dan makan sebelum mengikuti acara selanjutnya.

Di sela-sela istirahat, panitia membuka beberapa stand yang diisi oleh kakak-kakak dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran. Di stand tersebut, peserta diperkenankan bertanya-tanya dan berkonsultasi seputar persiapan jelang SBMPTN. Selain itu, peserta juga berkonsultasi tentang jurusan yang bakal mereka pilih di SBMPTN nanti.

Kak Kemal Palevi di Bewara Unpad




Konsultasi di stand Bewara


Stand-up comedy menjadi agenda terakhir acara sebelum pengumuman peraih nilai TO tertinggi. Rencananya bakal ada Kemal Palevi yang hadir sebagai bintang tamu. Tapi sebelum itu, sambil nunggu kak Kemal dateng, kakak-kakak panitia mengadakan game seru berhadiah. Yang boleh ikut game ini adalah peserta yang aktif bertanya dan mendapat rangkaian kata BEWARA di stand yang tadi dibuka. Game yang dimainkan banyaaak, mulanya peserta diajak main game cap-cap guricap yang melatih ketangkasan otak dan gerak. Tapi karena pesertanya jago-jago, gak ada yang keeliminasi dari game ini. Sebagai gantinya, peserta saling bersaing di game kursi goyang, nah dari game ini keluar Nia dari SMAN 2 Cikampek dan Adis dari SMAN 1 Purwakarta sebagai pemenangnya!


Pemenang game kursi goyang


Selesai game seru, komunitas stand-up comedy Purwakarta mulai bersiap mengisi acara. Mereka bakal menampilkan 3 komika yang menjadi pembuka penampilan sore itu. Dari mulai Kak Dini Suryadi, Kak Elnard dan Kak Alit Gumilar bergantian menghangatkan aula PGSD dengan bit-bit komedi yang mereka bawakan.


Kak Elnard, salah satu komika stand-up comedy Purwakarta

Sampai akhirnya tiba giliran sang bintang tamu Bewara Unpad, Kak Kemal Palevi naik ke atas panggung. Komika juara 3 Stand-up Comedy Kompas TV ini sudah ditunggu-tunggu penampilannya oleh fansnya di Purwakarta. Dimulai dengan menyinggung kota Purwakarta yang enggak punya bioskop ini, Kak Kemal kemudian mengeluarkan bit-bit komedi yang bikin peserta ngakak gak ada hentinya. Bit komedi yang absurd abis ditambah kemampuan act-out yang kuat bikin peserta terhibur. Bahkan 45 menit berasa sangat singkat sebelum akhirnya Kak Kemal menyudahi penampilannya hari itu. Oh ya, penampilan stand-up comedy di Bewara bisa kamu lihat lengkapnya
di postingan yang ini.

Bintang tamu Bewara, Kak Kemal Palevi


Pengumuman Pemenang

Di acara Bewara Unpad ini, panitia memberikan apresiasi kepada mereka yang mendapatkan nilai try out terbaik. Pemberian hadiah ini diharapkan mampu memotivasi peserta agar terus mempersiapkan diri jelang SBMPTN 2013. Dan hari itu, Muhammad Fikri dan Risanti Wahyuni (SMAN 1 Purwakarta) menjadi juara 1 dan 2 dari prodi IPA. Sedangkan dari prodi IPS, Febiyona Sheilla dan Albizia Akbar (SMAN 1 Purwakarta) keluar menjadi yang terbaik pertama dan kedua. Hadiah berupa piala dan souvenir diberikan oleh Kak Kemal Palevi selaku bintang tamu. Selamat untuk mereka berempat!


Para pemenang dan Kak Kemal

Setelah pembagian hadiah, kemudian acara ditutup oleh pembawa acara. Dengan demikian, berakhir pula acara Bewara yang yang dijalani dari pagi hingga sore hari. Acungan jempol juga harus diberikan kepada kakak-kakak dari Warta Unpad. Mereka mampu menyelenggarakan acara ini dengan baik sehingga meninggalkan kesan kepada pesertanya. Beragam pengalaman mungkin dialami oleh masing-masing peserta, namun yang mesti terus diingat adalah bagaimana mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa lolos ke perguruan tinggi negeri lewat SBMPTN 2013. Sampai jumpa di Bewara Unpad tahun depan, Mago Readers!

***

*tim peliput Bewara Unpad; Reporter: Albizia Akbar, Putri Keumala, Puput Ayu Wulandari, Syifa Hanifah, Ica Candra, Dena Nurfalah, Qonita Rabbani; Fotografer: Nadiya Adnani, Shelda Iswara


Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...