Artikel : Faktor yang Membuat Kepercayaan Diri Menurun



Halo Mago Readers!!

Kali ini Mago ingin sharing tentang faktor yang bisa mebuat pedemeter kita turun. Ngomong-ngomong, kita semua pada tahu kan PD itu apa? Yaps. Percaya diri ( bukan penegak disiplin lho.. hihihi ). Apa sih percaya diri itu?. Kalau menurut paman Thantway

“Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.”

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa percaya diri itu sebenarnya ada pada diri setiap orang. Hanya saja tingkat kepercayaan diri masing-masing orang memang berbeda. Kalau menurut Mago sendiri, intinya percaya diri itu yakin dan percaya pada kemampuan dan potensi yang kita miliki. Supaya lebih jelasnya lagi, yuk, langsung saja kita bahas hal-hal yang dapat membuat pedemeter seseorang turun.


Ternyata, ada dua faktor yang bisa membuat pedemeter seseorang menurun. Yaitu, faktor yang berasal dari dalam diri sendiri (internal) dan faktor yang berasal dari lingkungan dan orang sekitar (eksternal) nih, Mago Readers.


INTERNAL


Ü  Rasa malu yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan seseorang  cenderung tidak nyaman berinteraksi dengan orang di sekitarnya.
Ü  Adanya trauma di masa lalu, yang menyebabkan seseorang enggan untuk membuka diri.
Ü     Pikiran negatif yang lebih menonjol didalam dirinya, sehingga pikiran-pikiran positif pun terpendam dalam-dalam.


EKSTERNAL


Ü Keluarga. Kondisi keluarga yang kurang membiarkan individunya untuk mengekspos atau mengutarakan apa yang ada dalam dirinya dapat membuat rasa percaya diri seseorang tidak dapat berkembang dengan semestinya.
Ü  Keadaan sosial dan ekonomi, juga bisa menjadi penyebab seseorang untuk lebih menutup diri dan tidak ikut kedalam lingkungan sosial yang dia anggap tidak sesuai dengan dirinya.
Ü  Keadaan fisik dan penampilan seseorang, sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Karena, fisik dan penampilan merupakan hal pertama yang terlihat dari seseorang. Biasanya, seseorang akan mengalami krisis percaya diri, ketika bentuk tubuh mereka yang tidak ideal. Sehingga ia cenderung menarik diri dan tidak mau bersosialisasi.
Ü Kemampuan teman di sekitar yang lebih baik, terkadang akan membuat seseorang merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Apalagi setelah melihat temannya telah sukses melakukan hal tesebut dengan baik.
Ü  Merasa tertekan dengan pendapat-pendapat orang disekitar. Kebanyakan remaja memang masih terlalu memusingkan pendapat dari orang lain tentang diri mereka.
                                                                    
       
Bagimana, Mago Readers? Apakah hal-hal di atas pernah ada dalam diri kalian? Jadi intinya adalah, kepercayaan diri seseorang menurun dikarenakan presepsinya terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Pikiran kita bisa menjadi sugesti dalam diri kita. Kalau kita memberikan sugesti yang positif, maka hasilnya dan yang akan terjadi adalah sesuatu yang positif. Begitu pula sebaliknya. Oke, Mago Readers?

Jadi kuncinya, mulailah berpikiran lebih baik terhadap dirimu sendiri, dan berikan yang terbaik kepada orang lain. 

Nah, tunggu Tips untuk Menjadi Lebih Percaya Diri di artikel selanjutnya, ya. Ada part two-nya nih! Hehe. Sampai jumpa di Part 2, Mago Readers.




Sumber gambar:

Artikel oleh: Ica Candra dan Syifa Hanifah, Tim redaksi Mago Magz
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...