Living The Dream: Kuliah di Kampus Impian

Living The Dream: Kuliah di Kampus Impian
Oleh Malleo Fauzian, alumni SMAN 1 Purwakarta, mahasiswa Departemen Fisika FMIPA Universitas Indonesia angkatan 2013.


Helooo, saya Malleo Fauzian dari Departemen Fisika Universitas Indonesia. Saya juga alumni dari SMAN 1 Purwakarta tahun 2013. Saya mau share aja nih cerita suka dan duka ketika kelas 12 SMA kemarin dan sedikit mengupas tentang dunia perkuliahan. Simak ya, Mago Readers. J

            Sebenernya ketika saya baru masuk kelas 12 tuh saya punya tekad mau kuliah di UI atau ITB, karena saya tahu bahwa UI dan ITB lah yang bisa memuaskan nafsu akademis saya hehehe. Tapi ketika itu saya tidak tau harus memilih jurusan apa. Pertama kali saya tertarik untuk ngambil Hukum UI, tapi tidak jadi karena UI tidak menerima lintas jurusan. Pernah juga mau masuk FTMD ITB, tapi karena saat itu rangking saya ranking 12, saya urungkan niat itu. Akhirnya saya memutuskan memilih Tek.Mesin UI di SNMPTN, tapi sayangnya ga masuk juga. Nah untungnya UI waktu itu buka PPKB, jadi kayak jalur undangan gitu tapi ini diadakan oleh UI sendiri. Akhirnya saya masuk deh di Departemen Fisika UI.

Selama proses penerimaan mahasiswa baru, banyak banget kendalanya. Pertama nih, salah pilih jurusan pas di SNMPTN. Saya pilih jurusan yang banyak peminatnya, terus saya daftar di universitas yang beda regional dari sekolah saya terdahulu, jadi otomatis saya ga masuk lewat SNMPTN. Kedua, galau mau daftar swasta atau engga, tapi pada akhirnya saya ga daftar swasta manapun soalnya saya dulu PD banget masuk SNMPTN hehe, tapi karena saya ga pilih swasta jadi sempet dag-dig-dug juga nih perasaan hehe.

Motivasi saya untuk terus mengejar cita-cita dan kuliah di kampus impian itu banyak. Pertama sih jelas mau banggain orang tua, karena dengan kita masuk universitas yang kece otomatis orang tua pun bangga sama kita. Kedua, saya termotivasi karena diri saya sendiri, waktu itu diri saya mengatakan mendingan bersusah-susah dulu sekarang daripada menyesal diakhir. Terus keinginan saya mendapat pendidikan yang berkualitas yang mendorong saya terus mengejar mimpi itu hehe.

            Perasaan saya saat akhirnya diterima menjadi mahasiswa UI dan saat pertama kali datang ke kampus impian itu seneng bangetttt pokoknya! Susah diungkapkan dengan kata-kata hehehe.

Kalau soal suka duka mengenai kehidupan perkuliahan yang saya alami sampai sejauh ini sih lebih banyak sukanya. Di kampus sekarang saya hanya fokus mempelajari bidang yang saya suka tanpa mempelajari bidang yang saya sangat benci, terus di kuliah saya mendapat dosen yang keren-keren dari segi akademisnya soalnya kita diajar oleh dosen lulusan luar negeri, terus kita bisa mengeksplor lagi semua potensi yang kita punya selain bidang akademis di kampus. Pokoknya terpuaskan deh nafsu akademis saya disini hehehe. Kalo dukanya sih di ospek 1 semester -__- Saya termasuk orang yang ga suka penindasan ala-ala ospek hehehe, makannya saya masukin itu dalam duka saya selama kuliah awal ini.

Kelebihan dari PTN yang saya pilih saat ini? Waduh banyak banget kelebihan UI mah, datang sendiri deh ke UI atau kalo engga masuk UI aja supaya tau kelebihan UI, dijamin pasti terpukau deh sama kelebihan UI. (PROMOSI) hehehehe.

Nah, intinya saya mengajak kalian adik-adik kelas 12 semangat terus kejar impian kalian. Jangan menyerah sampai detik-detik terakhir. Niscaya Allah akan membantu orang yang bersungguh-sungguh dan memiliki tekad yang kuat.


***
Kak Malleo bisa dihubungi di akun Twitternya @malleof
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...