Wawancara: Kang Fuadi, Ketua Panitia Peringatan Isra Mi’raj 1435H

Wawancara Kang Fuadi, Ketua Panitia Peringatan Isra Mi’raj 1435H
                                 



Profil Narasumber
Nama              : Fuadi Muhammad
Kelas               : XI IPA 1

Assalamu’alaikum Wr Wb, Mago Readers. Untuk tahu lebih jauh mengenai acara Isra Mi’raj pada tanggal 26 Mei kemarin, salah seorang Tim Redaksi Mago Magazine sudah mewawancarai Ketua Panitia acara tersebut.

Mago: “Assalamu’alaikum, Kang Fuad. Mago minta waktunya sebentar untuk wawancara, boleh?”
“Wa’alaikumsalam, iya boleh Mago.”

Mago: “Apa sih tujuan dilaksanakannya acara memperingati Isra Mi’raj ini?”
“Tujuannya dengan memperingati Isra Mi’raj ini diharapkan dapat 1) Menambah pengetahuan tentang keagamaan dan nilai-nilai agama sehingga siswa-siswi menjadi pribadi yang berakhlak mulia, 2) Mempererat jalinan silaturahmi antar warga SMAN 1 Purwakarta, 3) Meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT, 4) Menjalin rasa solidaritas antar sesama, 5) Menciptakan generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, 6) Siswa-siswi diharapkan dapat mentauladani akhlak mulia, 7) Wujud apresiasi selaku umat islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita sebagai suri tauladan di muka bumi ini.”

Mago : “Bagaimana persiapannya, Kang?”
“Persiapan dari panitia Isra Mi’raj kali ini, saya nilai sudah sangat baik. Walaupun kami hanya mempunyai waktu sekitar 1 minggu yang membuat kewalahan. Karena itu, diperlukan koordinasi antar panitia, dan tiap divisi dari panitia IREMA harus menjalankan tugasnya dengan ekstra.”

Mago : “Mengapa tahun ini dilaksanakan di Masjid Agung?”
“Karena kesepakatan dari para guru, terutama saran dari Kepala Sekolah. Mengingat waktu yang sempit, Masjid Agung bersifat praktis untuk acara ini."

Mago: “Apa saja kesulitan yang dialami oleh panitia?”
“Kesulitan yang kami alami selaku panitia, tentunya dalam pelaksanaan acara ini. Pada pelaksanaan sangatlah rumit, kewalahan sekali dalam pengkoordinasiannya, dalam pemberian tugas dan dalam mempersiapkan apa saja yang diperlukan, saat pelaksanaan banyak kebingungan, juga kesalah pahaman antara panitia dan guru selaku pembina. Kalau dikatakan berhasil untuk pelaksanaanya, alhamdulillah berhasil. Namun kendalanya memang banyak sekali."

Mago: “Bagaimana dukungan dari pihak sekolah?”
“Dukungan dari pihak sekolah sangatlah luar biasa karena dapat dilihat dari penyaluran dana yang diberikan. Kali ini dana murni full dari sekolah, tidak memungut dari siswa. Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan banyak support berupa dana bantuan, melalui pembina-pembina IREMA An-Nasyath."

Mago: “Apa motivasi dari Kang Fuad sendiri dengan diadakannya acara Isra Mi’raj ini?”
“Berbicara tentang motivasi, mungkin bisa dikaitkan dengan suatu aktivitas atau amalan ibadah yang apabila kita niatkan secara ikhlas hanya dari Allah SWT, maka akan mendapatkan pahala hanya dari Allah SWT. Motivasi yang lain, yaitu saya ingin siswa-siswi muslim dapat mempunyai kepribadian selaku muslim, mempunyai syakhsyiah islam baik dari pandang maupun dari pola sikap. Peringatan Isra Mi’raj juga bukan hanya memperingati bagaimana perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa juga ke Sidratul Muntaha yang akhirnya dikaitkan dengan sholat, namun ini harusnya merupakan moment bahwa umat islam harus berubah, harus bangkit, dan tidak menjadi umat yang terbelakang."

Mago: “Baiklah, terima kasih banyak atas waktunya Kang. Wassalamu’alaikum.”
“Iya sama-sama. Wa’alaikumsalam Wr Wb.”



*Wawancara oleh Qonita Rabbani , Tim Redaksi Mago Magazine
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...