Reportase: Memperingati Hari Raya Idul Adha

Reportase: Memperingati Hari Raya Idul Adha



“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaaha Ilallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Wa Lillah Ilham”

Assalamu’alaikum Mago Readers, apa kabar?

Tanggal 6 Oktober kemarin, IREMA An-Nasyath mengadakan acara Memperingati Hari Raya Idul Adha di SMAN 1 Purwakarta. Acaranya dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, dipandu oleh Kang Fajri sebagai MC. Acara Memperingati Hari Raya Idul Adha ini terdiri dari Pembukaan, Sambutan Ketua Panitia, Sambutan Kepala Sekolah, Tausyiah dari Pak Amin Muksin, Pengumuman dari Pak Ihya, dan Informasi Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban dari Pak Kamal.

Kang Mufadhilah
Acara ini dibuka dengan basmallah, lalu Kang Mufadhilah sebagai Ketua Panitia memberikan sambutan. Dalam sambutannya Kang Mufadhilah menyebutkan tujuan diadakannya acara ini, yaitu agar siswa mengenal lebih dalam tentang qurban dan diharapkan kegiatan ini menambah pengalaman tentang tata cara qurban yang baik dan benar. Setelah Ketua Panitia, sambutan dilanjutkan oleh Bapak Kepala SMAN 1 Purwakarta. Dalam sambutannya, Pak Gaos menyebutkan bahwa kegiatan ini mengingatkan kita akan sejarah yang besar dan merupakan pelajaran keimanan yang sangat besar. Pak Gaos berharap dengan diadakannya acara ini kita dapat memupuk sikap toleransi dan keimanan. Menurut Pak Gaos, kegiatan Memperingati Hari Raya Idul Adha ini selaras dengan pembangunan negara kita, yaitu meningkatkan rasa peduli terhadap orang-orang yang tidak mampu.

Bapak Kepala Sekolah
Acara dilanjutkan kepada tausyiah dari Pak Amin Muksin. Dalam tausyiahnya, Pak Amin menyebutkan bahwa Qurban bukan berarti menyembelih hewan saja. Orang yang sungguh-sungguh mempelajari agama juga bisa disebut berqurban. Setelah itu, Pak Amin menceritakan kisah Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s. Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah tersebut adalah bahwa kecintaan kepada anak tidak boleh melebihi cinta kepada Allah.

Setelah tausyiah, Pak Ihya memberikan informasi mengenai hewan yang layak untuk diqurbankan. Selanjutnya, Pak Kamal menyebutkan Tata Cara Qurban. Setelah selesai, siswa-siswi dipersilahkan ke belakang sekolah untuk melihat langsung proses penyembelihan hewan qurban.

Dengan adanya kegiatan ini, semoga keimanan kita semua bertambah yaaa Mago Readers, dan semoga kegiatan memperingati Hari Raya Idul Adha di tahun depan lebih baik lagi, aamiin!



*ditulis oleh Lia Elita (@LiaElro), Tim Redaksi Mago Magazine
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...