Berbagi Pengalaman Mengamati Gerhana


Menyambut fenomena gerhana yang sangat langka, saya mau berbagi pengalaman mengamati moment ini dengan menciptakan alat yang bernama TeleCardboard!

       TeleCardboard sendiri merupakan singkatan dari Teleskop Cardboard, dari namanya dapat disimpulkan bahwa alat ini menyerupai teleskop dan terbuat dari material kardus, readers!. Tujuan dari penggunaan TeleCardboard ini sendiri yaitu agar dapat mengamati momen gerhana matahari secara langsung tanpa menghawatirkan kesehatan mata. Pemakaian TeleCardboard harus dilengkapi smartphone ataupun kamera dengan resolusi yang mumpuni agar warna dari mataharinya sendiri dapat terlihat. Konsep dibuatnya TeleCardboard adalah perpaduan dari 2 cara, yaitu melalui teleskop dan pengabadian melewati smartphone maupun kamera. Terinspirasi dari teknik Pin Hole atau lubang jarum untuk melihat gerhana matahari secara tidak langsung pun menjadi poin besar atas terciptanya alat TeleCardboard.

        Meskipun dirasa aman, namun belum ada penelitian secara ilmiah yang menjelaskan apakah bahaya atau tidaknya penggunaan TeleCardboard untuk melihat Gerhana Matahari, namun hasilnya cukup bagus yaitu tidak adanya gangguan pada mata karena melihat matahari di siang hari. Namun dikutip dari berbagai media internet, melihat Gerhana Matahari memakai smartphone memang menurunkan resiko gangguan mata karena melihat kearah matahari langsung tetapi dapat berakibat fatal pada lensa kamera yang dapat terbakar dan adanya cahaya dari sisi-sisi yang tidak terhalang smartphone maupun kamera yang dapat menaikan resiko kecacatan mata karena sinar matahari.
Dengan menyusun permasalahan dari pro-kontra melihat Gerhana Matahari secara langsung maka didapat beberapa poin sebagai berikut

1.      Bahaya radiasi dan sinar UV yang tinggi dari matahari dapat meyebabkan kebutaan
2.      Tingginya antusiasme masyarakat pada fenomena Gerhana Matahari
3.      Kepopuleran penggunaan smartphone maupun kamera untuk mengabadikan momen
4.      Rasa penasaran yang tinggi pada masyarakat akan proses Gerhana Matahari dengan melihat kearah matahari dan mengabadikannya dengan smartphone maupun kamera yang dimiliki
5.      Metode pin hole yang dirasa tidak memuaskan untuk melihat Gerhana Matahari.
Dengan menggabungkan kelima permasalahan di atas maka memunculkan ide dengan konsep “Melihat Gerhana Matahari secara langsung dengan menurunkan resiko kecacatan mata sekaligus mengabadikannya melalui smartphone maupun kamera”. Dengan mengumpulkan data yang akurat tentang melihat gerhana matahari maka didapat dua cara yang mudah dilakukan dan membutuhkan alat dan bahan yang mudah ditemukan dirumah, yaitu Pin Hole dan Smartphone atau Kamera.

       Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencari kardus bekas yang ukurannya sama dengan smartphone yang kita miliki dan tentunya dengan panjang kardus yang lumayan panjang sehingga jarak mata dan layar smartphone tidaklah terlalu dekat. Setelah menemukan kardus yang cocok, maka mulai membuat tempat dimana smartphone diletakkan sehingga smartphone tidak akan terjatuh apabila melihat ke atas menuju matahari. Bahan yang digunakan hanyalah kardus bekas, selotip untuk membuat TeleCardboard, dan kamera yang mumpuni untuk melihat matahari. Setelah disesuaikan sehingga pas dan nyaman dipakai maka didapatkan model TeleCardboard dengan bentuk sebagai berikut 






        Setelah dirasa nyaman dan tidak ada cahaya matahari yang masuk ke dalam kardus untuk menghindari sinar UV yang tinggi maka Saya langsung mencobanya melihat kearah matahari yang sangat terik siang tadi (8/3) dan hasilnya adalah, Amazing! Kita dapat melihat matahari secara langsung tanpa memakai kacamata filter dan mata sangat nyaman melihat matahari yang berwujud putih bulat di layar smartphone saya. Namun sayangnya untuk masalah mengabadikan melalui kamera tidak dapat dilakukan karena smartphone yang saya pakai memiliki kamera yang kurang mumpuni untuk merekam namun dengan melihatnya secara langsung di layar dengan jelas membuat hati saya senang dan mempersiapkan diri untuk melihat gerhana matahari keesokan hari.
Tepat pukul 7 waktu setempat, saya keluar rumah dan bersepedah sembari membawa TeleCardboard yang sudah disiapkan hari kemarin. Setelah mendapat titik yang pas maka mengeluarkan TeleCardboard dan melihat Gerhana Matahari langsung dengan menggunakan TeleCardboard yang dihubungkan dengan smartphone saya. Rasa senang dapat melihat Gerhana Matahari membuat saya sangat gembira sekaligus tersentuh betapa besarnya kuasa Tuhan. Namun ada rasa sedih karena tidak dapat merekam karena kualitas rekaman pada smartphone saya sangat rendah sehingga tidak dapat mengabadikan fenomena alam yang langka itu.

Apabila penasaran bagaimana penampakan menggunakan TeleCardboard ini dapat dilihat di gambar berikut ini 

 *artikel oleh: Richie Imani
  gambar oleh : Richie Imani
Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...